Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu Rocky, Sirion dan Xenia Gunakan Transmisi D-CVT, Ternyata Ini Kelebihannya

Rendy Surya - Kamis, 21 Juli 2022 | 07:50 WIB
Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT SC ASA
F Yosi/Otomotifnet
Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT SC ASA

Otomotifnet.com – Pada mobil-mobil Daihatsu keluaran baru, seperti Daihatsu Rocky, All New Xenia dan New Sirion, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) membekalinya dengan transmisi baru bernama New D-CVT.

Seperti apa cara kerja transmisi ini, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) mengadakan workshop untuk media bertema "Sharing Technology & Tips seputar transmisi New D-CVT" yang diadakan di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/7/2022).

Dalam workshop tersebut, dijelaskan bahwa D-CVT atau Dual Mode Continuously Variable Transmission punya perbedaan dengan CVT biasa.

Yang spesial dari D-CVT Daihatsu, terletak pada rangkaian gigi tambahan serta gigi panet (planetary gear) yang disebut Daihatsu sebagai “split gear system”.

Jeroan transmisi D-CVT Daihatsu
Rendy/Otomotifnet
Jeroan transmisi D-CVT Daihatsu

Kalau CVT biasa hanya terdiri dari puli dan sabuk baja saja, namun pada tipe D-CVT memiliki yang namanya “split gear system”.

Nah, Dual Mode pada D-CVT ini dimaksudkan, adanya kerja bergantian antara sabuk baja (belt) dengan split-gear system dalam menyalurkan tenaga.

Pada mode pertama, D-CVT seperti layaknya transmisi CVT konvensional biasa, perpindahan gigi dilakukan lewat puli dan sabuk baja, yang terjadi dari mobil kondisi diam hingga kecepatan rendah menuju menengah.

Lalu pada mode kedua, “Saat mobil melaju di kecepatan yang tinggi terutama di atas kecepatan 60 km/jam, maka yang bekerja adalah rangkaian gigi tambahan dan gigi planet yang disebut sebagai split gear system,” terang Ichsan Ady Permana, Staf Instruktur Technical Training Center PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam acara workshop tersebut.

Lebih lanjut menurut Ichsan, “Penggunaan split gear di kecepatan tinggi membuat adanya pertambahan gear ratio, di kondisi ini efisiensi perpindahan tenaga meningkat dan mengurangi penggunaan bahan bakar.”

Soal perawatan transmisi D-CVT juga disebutkan tak terlalu sulit.

Pemilik mobil hanya cukup melakukan pengecekan secara berkala untuk volume serta kualitas olinya.

Transmisi D-CVT Daihatsu
Rendy/Otomotifnet
Transmisi D-CVT Daihatsu

Pengecekan oli sebaiknya dilakukan setiap 20 ribu km atau 12 bulan sekali, serta penggantian oli transmisi setiap 80 ribu km atau 48 bulan sekali, mana yang tercapai lebih dahulu.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa