Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertama Kalinya, Kontes Audio Berkonsep Endurance Battle Siap Digelar

Raspati Dana - Jumat, 14 Oktober 2022 | 21:00 WIB
Ilustrasi tuning audio mobil
Istimewa
Ilustrasi tuning audio mobil

Otomotifnet.com - Untuk pertama kalinya di tanah air, kontes audio berkonsep endurance battle siap digelar.

Bertajuk 'Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022', gelaran ini merupakan hasil kerjasama Sound and Machine dan Pengepul Mobil.

“Konsep ini pertama kalinya diadakan di Indonesia, yaitu mengumpulkan enam car audio installer terbaik di Jakarta, untuk diadu skill-nya,"

"Kami juga mengajak merek-merek ternama di bidang audio mobil untuk mendukung kompetisi ini,” jelas Jacki Suwandi, Founder Pengepul Mobil saat menggelar konferensi pers, Selasa (11/10/2022).

Konferensi pers Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022
Raspati/Otomotifnet

Rencananya, Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle akan diadakan dalam beberapa seri.

Seri pertama akan diselenggarakan pada tanggal 18-19 Oktober 2022 di Black Stone Garage, Jl. Hang Jebat 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebanyak 6 instalatur audio mobil terkemuka di Jakarta siap berkompetisi di ajang ini.

Yaitu AJM Audioworks, BestBuddyShop, Begja Autotronics, Duta Audioworks, CAS Audio, dan Bronson Audio.

Mereka akan memodifikasi dan melakukan tuning audio mobil Toyota Kijang Innova Reborn tipe G bermesin Diesel keluaran tahun 2017-2020, dengan kondisi yang sama yaitu kondisi standar.

Selain mobil yang sama, keenam instalatur tersebut juga harus melakukan upgrade audio dengan konsep instalasi yang sama, yaitu 2-way OEM.

Di mana instalasinya mengikuti bentuk OEM atau standar bawaan pabrik dari mobil yang dimodifikasinya.

Peserta juga diwajibkan memakai komponen yang telah disediakan untuk berkompetisi upgrade audio mobil.

Diantaranya peredam Z3RO SOLUTIONS, head unit ASUKA, Digital Signal Processor ALPINE, Subwoofer pasif HERTZ, Speaker PIONEER, kabel PITCH AND TIMBRE, dan power amplifier ZAPCO serta Aki Massiv. Juga inspeksi AC Mobil oleh ROTARY BINTARO.

Kompetisi yang berlangsung selama 2 hari ini, dimulai dengan proses instalasi di hari pertama, dilanjutkan proses tuning serta penilaian di hari kedua, pada lokasi pengerjaan yang sama dan dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Di hari pertama, batas waktu instalasi peserta antara lain pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Kemudian untuk hari kedua, peserta wajib melakukan tuning dengan durasi waktu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Ilustrasi penjurian kontes audio
Istimewa
Ilustrasi penjurian kontes audio

Setelah instalasi, proses tuning audio dari tiap peserta serta penjurian secara teknis oleh Certified Judge Car Audio Network (CAN) yang mengacu pada regulasi prosumer dari asosiasi CAN di hari kedua.

Penilaian juga dilakukan oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR-RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai 'Honorable Judge'.

Background dari acara ini adalah kami SoundandMachine.com dan Pengepul Mobil sama-sama ingin memajukan industri aftermarket otomotif,"

"Khususnya di bidang audio mobil pasca pandemi ini, baik dari sisi kompetisi yang belum pernah diadakan sebelumnya, atau beda dari kompetisi reguler,"

"Juga dari sisi aspek bisnisnya, supaya lebih menggiatkan industrinya. Dalam hal ini, kami ingin semua merek car audio dan merek pendukung yang terkait untuk maju bersama,"

"Untuk itu, di kompetisi ini kami terapkan penggunaan peranti audio lintas merek,” pungkas Eko Putranto, Editor in-Chief SoundandMachine.com.

Baca Juga: Iseng Ikut Kontes Audio, Eh, Mazda CX-3 Ini Malah Gondol Juara!

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa