Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

7 Langkah Perawatan Motor Saat Musim Hujan, Cek Komponen Bergerak Ini

Panji Nugraha - Selasa, 22 November 2022 | 22:20 WIB
Perawatan motor saat musim hujan
Honda
Perawatan motor saat musim hujan

Otomotifnet.com - Musim hujan sudah tiba, ada baiknya selalu melakukan perawatan motor agar performa selalu dalam kondisi prima, aman dan nyaman dikendarai.

Perawatan yang dilakukan terutama terhadap komponen bergerak, diantaranya rantai roda pada motor bebek dan Sport, CVT untuk motor tipe Matic, bearing roda, bearing CVT, dan ban.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, komponen-komponen tersebut bisa berpotensi akan terkontaminasi dengan air hujan yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan yang lebih cepat.

“Selain harus memperhatikan kondisi dari masing masing komponen sepeda motor, yang tidak kalah pentingnya adalah keselamatan kita sebagai pengendara harus menjadi perhatian khusus saat berkendara mulai dari kondisi fisik, perlengkapan berkendara, hingga gaya berkendara,” ujar Ade.

Ilustrasi perawatan motor saat hujan
Honda
Ilustrasi perawatan motor saat hujan

Ada beberapa tips mengenai perawatan sepeda motor yang dikendarai ketika sering berkendara di musim hujan, diantaranya :

1. Periksa tekanan angin ban depan dan belakang secara berkala minimal 1 atau 2 minggu sekali dikarenakan potensi berkurangnya tekanan angin akan terjadi akibat suhu yang dingin.

2. Periksa alur atau kembang ban dari keausan dengan melihat tanda keausan ban di bagian tengah alur ban dengan adanya tonjolan di beberapa bagian yang bertanda Δ yang tertera di samping ban.

Perawatan motor saat musim hujan salah satunya cek keausan ban di bagian tengah alur ban dengan adanya tonjolan di beberapa bagian yang bertanda Δ yang tertera di samping ban
Honda
Perawatan motor saat musim hujan salah satunya cek keausan ban di bagian tengah alur ban dengan adanya tonjolan di beberapa bagian yang bertanda Δ yang tertera di samping ban

3. Periksa semua fungsi sistem penerangan baik depan maupun belakang harus berfungsi dengan baik.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa