Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Merawat Cat Mobil Biar Kinclong, Parkir dan Cara Cuci Jadi Kunci

Ferdian,Wisnu Andebar - Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:05 WIB
Ilustrasi Getah Pohon dan Kotoran Burung di Cat Mobil
GridOto Tips
Ilustrasi Getah Pohon dan Kotoran Burung di Cat Mobil

Otomotifnet.com - Sering disepelekan, ini lho tips biar cat mobil mengkilap dan tahan lama.

Seperti fungsi cat mobil yakni mempercantik tampilan pada bagian eksterior, tentunya pemilik mobil harus paham cara merawatnya.

"Secara pengertian dan fungsi, cat merupakan lapisan terluar bodi mobil yang berfungsi untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca dan karat, sekaligus mempercantik tampilan pada eksterior mobil," ujar Supardi, Instruktur Cat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat berada di Sunter, Jakarta Utara belum lama ini.

Supardi menjelaskan, cara merawat cat mobil yang pertama adalah dengan menyediakan garasi yang tertutup alias memiliki atap.

Dengan memarkir di garasi, cat mobil terhindar dari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya yang membuat kusam.

"Apabila tidak memiliki garasi, dapat menggunakan cover mobil yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca dalam artian tidak luntur," imbuhnya.

Cara merawat cat mobil selanjutnya adalah dengan mencucinya secara rutin minimal seminggu sekali menggunakan air bersih, shampoo mobil, dan dilakukan pada tempat yang sejuk alias tidak terpapar cahaya matahari langsung.

Selanjutnya, Supardi menyarankan agar pemilik memeriksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan dan bersihkan dengan kain halus seperti microfiber.

"Perawatan pemolesan perlu dilakukan paling tidak enam bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengilap," terangnya.

"Pemilik mobil dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia," pungkas Supardi.

Baca Juga: Cat Mobil Kena Cairan Ini Buruan Dilap, Kalau Meresap Susah Hilang, Bikin Kusam

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa