Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belum Banyak Tahu, Begini Cara Aman dan Nyaman Naik Motor Matic Saat Macet

Panji Nugraha - Jumat, 16 Desember 2022 | 21:25 WIB
Ilustrasi naik motor matic
Honda
Ilustrasi naik motor matic

Otomotifnet.com - Belum banyak tahu, ternyata begini cara aman dan nyaman naik motor matic saat macet.

Kondisi macet sering ditemui kala kita riding di kota-kota besar, apalagi di saat jam sibuk.

Mulai dari jam berangkat kerja, jam masuk sekolah dan begitu juga sebaliknya yang membuat macet. 

Kondisi macet memang bisa bikin emosi cepat naik, tapi kita sebagai bikers patutnya bisa menahan emosi di jalan.

"Saat menghadapi situasi kemacetan, kita harus selalu bijak dan pahami etika berkendara, alangkah baiknya tidak terpancing dan tidak memancing emosi pengendara lain, misalnya tidak membunyikan klakson yang berlebihan, tidak memotong antrian, dan peduli keamanan sekitar sesama pengendara," ujar Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma.

Beberapa tips berkendara aman dan nyaman ketika berada di tengah kemacetan terutama untuk pengguna sepeda motor matic atau skutik, diantaranya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan throttle atau gas tidak ditarik secara spontan atau sekaligus tetapi diayun secara perlahan dan harus hati-hati menggunakan jari-jemari dalam mengoperasikan handle/tuas rem.

Penggunaan rem saat antrian kemacetan lebih baik menggunakan salah satu rem, pengendara bisa memakai rem belakang saja atau rem depan saja atau bergiliran penggunaan rem depan dan rem belakang.

Wajib diperhatikan ketika menarik throttle gas pastikan posisi jari tidak menekan handle/tuas rem secara bersamaan, hal ini supaya pergerakan sepeda motor tidak tertahan serta tidak merusak bagian komponen atau part rem berikut kelistrikan nya sesuai usia pakai.

Perhatikan juga faktor kenyamanan pengendara untuk bisa lebih rileks dan nyaman saat berkendara, dengan menempatkan 7 poin postur berkendara, diantaranya :

1. Pandangan mata ke depan memprediksi potensi bahaya, perhatikan pergerakan dan sinyal dari tiga atau empat lebih kendaraan di depan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa