Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemerintah Sebar Mobil Toilet di Jalan Nasional, Kebelet Pipis Enggak Panik Lagi

Ferdian - Minggu, 25 Desember 2022 | 18:00 WIB
Kementerian PUPR mengerahkan fasilitas sanitasi dan air bersih di sepanjang jalan nasional, salah satunya di Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura)
(Dok. Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR mengerahkan fasilitas sanitasi dan air bersih di sepanjang jalan nasional, salah satunya di Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura)

Otomotifnet.com - Buat yang sudah enggak tahan kebelet kencing jangan panik, ada mobil toilet yang dikerahkan Kementrian PUPR.

Mobil toilet ini dikerahkan Kementrian PUPR di jalan nasional salah satunya di Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura).

Tak hanya saluran sanitasi saja, Kementrian PUPR juga menyiapkan air bersih.

Hal ini sesuai dengan imbauan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada masyarakat untuk tidak hanya memanfaatkan jalan tol sebagai jalur lalu lintas Natal dan Tahun Baru.

Tetapi juga jalan-jalan nasional yang rata-rata sudah dalam kondisi kemantapan 91,8%.

Saat ini total panjang jalan nasional 46.690 km yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa dan Bali 5.336,9 km.

Lalu, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556,4 km, Pulau Sulawesi 17.284,4 km, dan Pulau Nusa Tenggara 2.792,1 dan Pulau Maluku–Papua 6.802,3 km.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, Ditjen Cipta Karya melalui Tim Tanggap Darurat telah berangkat mendukung pelayanan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 mulai Sabtu (24/12/2022).

"Tim tersebut disebar ke empat titik di jalur Pantura untuk menyediakan alat sanitasi dan penyediaan air bersih sebagai dukungan bagi para pengendara yang akan melintasi jalur tersebut pada libur Nataru 2022/2023," ujarnya dalam rilis pers Minggu (25/12/2022).

Adapun titik 1 adalah Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu Karawang dengan mengerahkan 2 mobil toilet dan 1 hidran umum.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa