Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Nyangka, Sopir Bus Bilang Jalan Ini Paling Rumit Buat Dilewati, Berkelok-kelok

Ferdian - Selasa, 10 Januari 2023 | 18:35 WIB
Ilustrasi terminal bus
wartakota.tribunnews.com
Ilustrasi terminal bus

Otomotifnet.com - Sopir berpengalaman sangat dibutuhkan saat membawa Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Meski sudah sering lewat rute panjang dengan berbagai lintasan, menurut beberapa sopir bus AKAP setiap jalan di Indonesia punya karakter yang berbeda.

Oleh Karena itu, dalam mengemudikan bus yang bijak harus bisa menyesuaikan setiap kondisi jalan, apalagi bus adalah kendaraan berat.

Tessy, sopir bus AKAP dari PO Haryanto mengatakan jika tingkat kesulitan mengemudikan bus tergantung sudah hafal atau belum jalan tersebut.

“Mengenai tingkat kesulitan lintasan, kiranya semua lintasan tergantung hafal medan jalan tersebut, khususnya jalan Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat,” kata Tessy (9/10/2022).

Melengkapi hal tersebut, salah satu sopir bus AKAP dari PO Raya berpendapat kalau untuk lintasan bus AKAP di Pulau Jawa kebanyakan tidak menantang karena sudah sering dilewati.

“Yang rumit itu biasanya jalur di Pulau Sumatera. Tapi saya belum pernah ke jalur Sumatera. Biasanya yang paling sering disebut sulit oleh sesame rekan sopir bus AKAP itu di Padang namanya Kelok 9.Tapi sesusah apapun kalau si sopir sudah tahu medannya, itu tidak jadi masalah,” ujar sopir bus PO Raya tersebut.

Ilustrasi. Jalur Alas Roban.
Istimewa
Ilustrasi. Jalur Alas Roban.

Pria yang sudah menjadi sopir bus PO Raya selama 10 tahun tersebut juga menyebutkan jika Alas Roban menjadi jalan yang paling rumit bagi para sopir bus di Pulau Jawa beberapa tahun silam.

Menurutnya sebelum ada Tol Cipali jalan tersebut terlalu berkelok-kelok, namun bagi yang sudah sering melintasi pasti akan tahu harus melakukan apa.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa