Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Wilayah yang Dapat Jatah Pertama Distribusi Biodiesel B35, Ada Bali dan Sumatera

Ferdian - Rabu, 8 Februari 2023 | 16:50 WIB
Distribusi Biodiesel B35 dilakukan secara bertahap
Pradana/GridOto.com
Distribusi Biodiesel B35 dilakukan secara bertahap

Otomotifnet.com - Pendistribusian bahan bakar minyak jenis Solar campur bahan bakar nabati 35 persen atau B35 akan dilakukan secara bertahap.

Hal ini dilakukan karena butuh yang namanya persiapan dan penyesuaian infrastruktur untuk wilayah-wilayah tertentu supaya program dimaksud bisa berjalan optimal serta berkesinambungan.

Demikian disampaikan Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan secara daring (7/2/2023).

"Implementasi program B35 dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama berlaku mulai 1 Februari 2023 yang diterapkan di region 1, 2, 8, dan sebagian region 5," kata Harsono.

Rincian wilayahnya, meliputi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Bali dan Nusa Tenggara selaku bagian region 5 dimaksud.

"Kemudian tahap kedua dilakukan pada Agustus 2023. Jadi membutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk penyesuaian infrastruktur dan quality control, di mana tahap kedua akan dilakukan di region 3, 4, sebagian region 5, dan region 7," ucapnya.

"Program implementasi tersebut, akan meningkatkan fatty acid methyl esters (FAME) sebesar 1,4 juta kilo liter (kl)," kata Harsono.

Adapun secara pembagian wilayah, pendistribusian B35 di tahap kedua meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, dan Sulawesi Selatan.

Meski begitu, untuk memasuki tahap kedua ada tantangan yang harus dihadapi.

Paling tidak, perseroan butuh dukungan berupa insentif Rp 100 per liter untuk implementasikan B35.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa