Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Peluncuran Aplikasi Bayar Tol Nirsentuh Tunggu Restu Menteri PUPR

Ferdian - Kamis, 9 Februari 2023 | 07:00 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama, akan terjadi kepadatan pada malam hari karena arus balik liburan
Jasa Marga
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama, akan terjadi kepadatan pada malam hari karena arus balik liburan

Otomotifnet.com - Peluncuran aplikasi Cantas untuk sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) tunggu persetujuan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT Kementerian PUPR Ali Rachmadi dalam diskusi publik virtual bertajuk Peluang dan Tantangan Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti (7/2/2023).

"Kalau memang aplikasi Cantas ini mau di-launching, kami menunggu persetujuan Pak Menteri (PUPR) terlebih dahulu," ujarnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini sudah dibuat juga beberapa simulator sistem MLFF yang terkoneksi dengan aplikasi Cantas.

"Kami sudah taruh di beberapa tempat khususnya di PUPR. Kalau persentasenya (progres aplikasi Cantas) saya belum bisa menjawab, tapi sudah bisa dicoba pada simulator kami," terangnya.

Simulator yang dimaksud tidak hanya sudah terintegrasi dengan aplikasi Cantas, bahkan penampakannya sudah 4 dimensi untuk beberapa ruas tol di Jabodetabek.

"Dari situ bisa dilihat, ketika mulai melakukan start journey (memulai perjalanan), maka akan melewati beberapa ruas dan ter-deduction berapa lokasi yang dilewati," tandasnya.

Sehingga untuk sementara ini progres yang bisa disampaikan mengenai aplikasi Cantras masih terbatas pada hal tersebut.

"Sementara masih di situ, karena aplikasi ini nantinya akan terhubung dengan source of fund yang masih harus diintegrasikan ke perbankan dan sebagainya. Nanti ke depannya akan kami develop lebih lanjut," katanya.

Hal itu termasuk pula rencana mengintegrasikan Cantas dengan aplikasi lain seperti halnya Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau sistem tilang elektronik berbasis ponsel.

"Harapannya begitu (bisa terintegrasi). Tapi kami matangkan dulu Cantas-nya sampai tuntas, ini bisa berjalan dengan baik, maka baru kita coba integrasikan ke aplikasi-aplikasi lain (ETLE dan sebagainya)," pungkas Ali Rachmadi.

Baca Juga: Bukan di Jawa, Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh dan Henti Sasar Pulau Ini

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/07/193000321/tunggu-restu-menteri-pupr-peluncuran-aplikasi-bayar-tol-tanpa-setop

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa