Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Razia Besar-besaran di Jateng Selesai, 4 Kota Ini Terbanyak Pelanggarnya

Ferdian - Sabtu, 25 Februari 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi razia kendaraan
Serambinews.com / Yusmandin Idris
Ilustrasi razia kendaraan

Otomotifnet.comOperasi Keselamatan Candi 2023 selama 14 hari, yaitu mulai 7-20 Februari di Jawa Tengah.

Ratusan ribu pelanggaran berhasil diamankan petugas kepolisian.

Total sebanyak 159.000 pengendara roda dua dan empat terjaring giat operasi yang berbasis elektronik atau E-TLE dan penegakkan hukum (gakkum) di lapangan.

Adapun, pelanggaran terbanyak antara lain, berkendara motor tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua, dan melawan arus.

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, petugas yang menggelar operasi mengutamakan kegiatan preemtif dan preventif untuk bekal kepatuhan dan disiplin berkendara.

"Petugas memberikan imbauan kepada pengendara. Jadi, teguran lisan dan sanksi tilang hanya untuk pelanggar-pelanggar yang ngotot, dan seenaknya sendiri," ucap Agus (23/2/2023).

Dari angka pelanggaran di Jawa Tengah tersebut, Agus mengatakan, empat wilayah yaitu Kota Semarang, Surakarta, Banyumas dan Pati tingkat kesadaran, kepatuhan dan ketertiban lalu lintas masyarakatnya yang paling rendah.

Selama kegiatan operasi, kepolisian menyebutkan kecelakaan pikap wisatawan yang menewaskan 5 korban jiwa di Pantai Menganti, Kebumen merupakan kasus yang paling menonjol.

"Pelanggar yang terjaring, kebanyakan dari E-TLE statis dan mobile. Untuk penindakan di lapangan, kita prioritaskan edukasi dan teguran," kata Agus.

Baca Juga: Razia Besar-besaran Polisi, Pengendara Taat Dapat Susu Sapi Dari Bu Polwan

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/24/171200315/4-wilayah-di-jawa-tengah-yang-paling-banyak-melanggar-lalu-lintas

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa