Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Tangki Pertamina Dex Enggak Ditanam, Beda dari Jenis BBM Lainnya

Ferdian - Sabtu, 4 Maret 2023 | 17:00 WIB
Gak penasaran lagi, ternyata ini alasan tangki penyimpanan Pertadex di SPBU Pertamina suka sendirian di atas tanah.
Pradana/GridOto.com
Gak penasaran lagi, ternyata ini alasan tangki penyimpanan Pertadex di SPBU Pertamina suka sendirian di atas tanah.

Otomotifnet.com - Buat yang isi BBM di SPBU Pertamina pastinya pernah lihat tangki penyimpanan Pertamina DEX atau Pertadex disimpan terpisah di atas tanah.

Kenapa Pertadex tidak disimpan di tempat penyimpanan bawah tanah alias tangki timbun seperti jenis BBM lainnya?

Irto Ginting, selaku Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading Pertamina) mengatakan, volume penjualan Pertadex menjadi alasannya.

“Pertadex merupakan slow moving product, dimana tingkat konsumsi tidak terlalu tinggi dan tidak selalu memerlukan tangki timbun berkapasitas besar,” ujar Irto ketika dihubungi  (16/8/2021).'

“Oleh karena itu, Pertadex bisa menggunakan tangki penyimpanan di atas tanah,” tambahnya.

Selain volume penjualan, penggunaan tangki penyimpanan di atas tanah atau tangki portabel untuk menampung Pertadex juga bisa disebabkan oleh keterbatasan kapasitas.

Tangki timbun di sebuah SPBU Pertamina kapasitasnya bervariasi, mulai dari 10 hingga 60 ribu liter dan membutuhkan luas lahan yang tidak sedikit.

Makanya penggunaan tangki portabel menjadi masuk akal, mengingat kapasitas tangki portabel umumnya ada di kisaran 2 ribu liter dan berukuran relatif kecil.

Terutama untuk Pertadex yang volume penjualannya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak butuh menyimpan stok yang banyak pula.

“Tidak semua SPBU memiliki kapasitas tanki timbun yang sama, sehingga untuk yang terbatas dapat menggunakan tangki portabel,” tutup Irto.

Baca Juga: Harga Pertamax, Dexlite Dkk Bakal Berubah Sewaktu-waktu, YLKI Dukung Penuh

Sumber: https://www.gridoto.com/read/222846874/biar-enggak-penasaran-ini-lho-alasan-pertamina-dex-tangki-penyimpanannya-sendirian-di-atas-tanah?page=all

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa