Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Merawat Mobil Diesel Chevrolet, Bengkel Spesialis Ungkap Bagian Paling Sensitif

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 12 Maret 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi Chevrolet Captiva
Dok. Otomotif
Ilustrasi Chevrolet Captiva

Otomotifnet.com - Merawat mobil diesel Chevrolet tidak boleh sembarangan, sebab mesin dieselnya sensitif pada salah satu komponen.

Diungkapkan Nur Auful selaku owner bengkel spesialis Chevrolet Karya Motor Mandiri, mobil diesel Chevrolet macam Captiva, Spin, Trailblazer maupun Colorado sensitif pada injektor.

"Pemilik Chevrolet diesel baik itu Spin, Captiva, Trailblazer dan Colorado itu sebaiknya sangat aware terhadap pemakaian bahan bakar diesel, karena injektor Chevrolet bisa dibilang sensitif," buka Auful saat ditemui di bengkelnya di Cisauk, Tangerang.

Sebab menurutnya, mesin diesel Chevrolet khususnya pada komponen common-rail sudah tergolong canggih.

"Chevrolet diesel lebih canggih, dia punya material injektor yang lebih solid, jadi tidak bisa mencari lubang, material dibuat solid untuk pengkabutan yang lebih sempurna," Jelas Pria yang sudah lama berkecimpung di mobil Chevrolet sebagai Kepala Bengkel resmi Chevrolet Prima Autoworld Serpong ini.

Mesin Chevrolet Captiva 2.0 VCDi AWD 2015
Dok. Power Auto
Mesin Chevrolet Captiva 2.0 VCDi AWD 2015

Menurut Auful, mobil diesel lain ketika injektor mampat akibat kualitas bahan bakar diesel yang rendah, masih bisa mencari dan membuat lubang baru untuk menyemprotkan bahan bakar.

Sedangkan kasus yang sering ditemui Auful selama menangani mobil diesel Chevrolet, akibat penggunaan bahan bakar diesel yang buruk, injektor-nya malah mengalami bisulan.

Bisulan pada injektor ini diakibatkan karena injektor mampat yang kemudian panas hingga akhirnya injektor mengembung.

Sekedar informasi, sistem common-rail pada mesin diesel merupakan suatu metode injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar, prosesnya dengan penyaluran bahan bakar ke injektor menggunakan jalur atau rail yang dipakai bersama.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa