Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil yang Sudah Berturbo Lebih Waspada Terjang Banjir, Air Bisa Masuk Lewat Sini

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 22 Maret 2023 | 17:30 WIB
Ilustrasi mobil terobos banjir
Abdul Aziz Masindo/Otomotifnet.com
Ilustrasi mobil terobos banjir

Otomotifnet.com - Pemilik mobil turbo harus lebih waspada saat menerjang banjir, sebab air bisa masuk dari sini.

Sekedar informasi, cara kerja turbo ini adalah dengan mengompresi udara sehingga kepadatan udara meningkat sebelum mencapai ruang bakar, udara yang padat ini bisa membuat pembakaran lebih sempurna.

Namun udara yang panas dapat memengerahui kinerja dan kepadatan udara, sehingga peran intercooler dibutuhkan untuk mendinginkan udara.

Dengan melewati intercooler, udara panas dari turbo ketika melewati intercooler akan menjadi udara dingin yang kemudian masuk ke ruang mesin.

Selain berfungsi sebagai pendingin udara, intercooler juga berfungsi untuk memadatkan udara masuk kedalam ruang bakar, sehingga asupan udara ke dalam mesin diesel lebih padat dan dapat menghasilkan ledakan tenaga yang besar.

Nah saat menerjang banjir, menurut Hendra Susanto owner bengkel spesialis Wuling KTM (Korea Timorer Motors) mengatakan, air banjir berisiko masuk dari intercooler khususnya intercooler yang letaknya di bawah.

"Saran saya kalau mobil yang sudah ada intercooler khususnya yang  posisinya di bawah radiator lebih hati-hati terobos banjir, karena beberapa kasus yang saya temui itu kena water hammer," buka Hendra Susanto saat ditemui di bengkelnya di Jalan Puspitek, Tangerang Selatan.

Modifikasi Pasang Turbo di Mesin Naturally Aspirated Juga Harus Tambah Intercooler dan Oil Cooler
Radityo Herdianto / GridOto.com
Modifikasi Pasang Turbo di Mesin Naturally Aspirated Juga Harus Tambah Intercooler dan Oil Cooler

"Kalau saya melihat air banjir masuknya dari intercooler dan terhisap ke ruang mesin, karena memang posisi intercooler di bawah, saluran hisap itu apakah ada sambungan yang kendur atau ada lubang udara yang bocor, sementara air intake-nya tinggi, air banjir enggak sampai air intake," lanjutnya.

Masih kata Hendra, Wuling Almaz yang kena water hammer akibat air masuk dari intercooler yang ia tangani, kerusakannya sangat parah, blok mesin Almaz sampai pecah, bahkan connecting rod atau setang pistonnya sampai patah.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa