Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Sampai Mudik Berpanas Ria, Kenali 4 Gejala AC Mobil Mulai Rusak

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 2 April 2023 | 21:00 WIB
Ilustrasi AC mobil bekas
GridOto.com
Ilustrasi AC mobil bekas

Otomotifnet.com - Jangan sampai mudik lebaran dengan berpanas ria gara-gara AC mobil rusak, yuk kenali ciri-ciri dan gejala AC mobil mulai butuh penanganan.

AC mobil yang tidak dingin atau hanya keluar angin saja, tentu saja membuat pengemudi dan penumpang tidak nyaman.

Selain bikin enggak nyaman, AC mobil yang tidak dingin ketika hujan dapat mengganggu visibilitas pemgemudi, sebab perbedaan suhu udara di kabin, membuat kaca mudah berembun sehingga mengganggu visibilatas.

Nah biar perjalanan mudik lebaran nanti aman dan nyaman, yuk kenali ciri-ciri dan gejala AC mobil sudah mulai rusak.

1. Kerusakan Kompresor AC

Ilustrasi kompresor AC
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Ilustrasi kompresor AC

 
Pertama saat mesin mobil hidup dan AC mobil dihidupkan, kalian perhatikan suara kompresor AC, kompresor AC yang sudah berisik atau kasar menandakan gejala awal kerusakan AC.
 
"Pertama dari suara kasar, kalau kita hidupkan AC ada suara kasar, begitu kita off AC-nya suara kasar hilang, itu mendadakan kompresornya yang bermasalah," kata Thayne Finsenda Lika atau Pria yang akrab disapa Ko Lung Lung selaku CEO Dokter Mobil Indonesia saat ditemui beberapa waktu lalu.
 
Penyebab bunyi kasar masih kasar di kompresor AC bisa karena oli kompresor yang kurang, sebab oli kompresor berfungsi sebagai pelumas komponen di dalam kompresor AC, seperti piston, klep, as dan sebagainya.
 
Selain karena kurangnya oli kompresor, penyebab kasar bisa diakibatkan dari usia atau umur dari kompresornya itu sendiri yang sudah perlu dilakukan peremajaan. "Saran perawatannya, ganti oli kompresor setiap 1 tahun, itu dilakukan servis besar, termasuk cuci evaporator, cuci kondensor, blower dan sebagainya," ujarnya.
 

2. Kerusakan Magnetic Clutch

magnetic clutch ac mobil
istimewa
magnetic clutch ac mobil

Selanjutnya ada bagian magnetic clutch, fungsi magnetic clutch sebagai penghubung kompresor dengan putaran mesin, selain itu juga berfungsi memutuskan kompresor dengan putaran mesin.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa