Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Michelin Dukung Pabrik Daur Ulang Ban Bekas Berskala Besar Pertama Di Dunia

Rendy Surya - Kamis, 13 April 2023 | 20:45 WIB
Michelin Pilot Sport
Michelin
Michelin Pilot Sport

Otomotifnet.comMichelin umumkan dukungan pembangunan pabrik daur ulang ban bekas berskala besar pertama di dunia. Hal ini disebutkan dalam rilis resmi Michelin, (13/4/2023).

Pabrik pertama tersebut direncanakan akan dibangun di Swedia pada pertengahan 2023 dan targetnya akan mulai beroperasi pada 2025.

Pabrik daur ulang ban bekas disebut akan punya kapasitas produksi 34.500 ton ban bekas setiap tahun.

Michelin klaim telah mencapai kesepakatan untuk mendukung usaha patungan yang dijalankan oleh perusahaan Scandinavia Enviro Systems bersama Antin Infrastructure Partners yang akan membangun fasilitas daur ulang ban bekas berskala besar pertama di dunia.

Gabungan antara inovasi dalam daur ulang ban dengan dukungan dari Michelin diharapkan akan mempercepat adopsi ekonomi sirkular di lingkup industri ban.

Karbon hitam produksi Enviro hasil dari daur ulang ban bekas
Michelin
Karbon hitam produksi Enviro hasil dari daur ulang ban bekas

Executive Vice President untuk High Tech Materials Grup Michelin Maude Portigliatti mengatakan kesepakatan ini merupakan langkah penting bagi Michelin untuk mencapai ambisi ekonomi sirkular dan produksi ban yang berkelanjutan.

“Hal ini menunjukkan kemajuan upaya Michelin untuk mencapai target mengurangi dampak lingkungan dari ban secara keseluruhan,” kata Maude melalui siaran pers.

Usaha patungan ini akan menggunakan teknologi Enviro untuk mengekstraksi karbon hitam dan minyak pirolisis dari ban yang telah habis masa pakainya.

Sedangkan Antin akan mengembangkan dan memastikan pertumbuhan produk daur ulang yang dihasilkan agar mencapai skala industri dan dapat digunakan lebih luas.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa