Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Cisumdawu Nyambung ke Cipali Gratis, Bisa Dilewati Buat Mudik

Ferdian - Minggu, 16 April 2023 | 20:00 WIB
Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.
Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Otomotifnet.com - Tol Cisumdawu mulai dibuka pada Minggu (16/4/2023) untuk pertama kalinya.

Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) dibuka untuk ruas jalan baru dari seksi 4 (Cimalaka) hingga seksi 6 (Dawuan).

Dengan begitu, Tol Cisumdawu dari seksi 1 (Cileunyi, Kabupaten Bandung) hingga seksi 6, Dawuan, Kabupaten Majalengka tersambung total.

Diketahui, Tol Cisumdawu dari seksi 1 (Cileunyi, Bandung) hingga seksi 4 (Cimalaka, Sumedang) sudah beroperasi penuh dan bertarif normal.

Sedangkan, untuk ruas baru dari seksi 4 (Cimalaka) hingga seksi 6 (Dawuan, Majalengka dan Tol Cipali), dibuka secara terbatas untuk menunjang kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Pada pembukaan fungsional sementara dari Tol Cimalaka hingga gerbang Tol Ujungjaya Utama dan Cipali ini dibuka secara gratis.

Kepala Kepolisian Resor Sumedang AKBP Indra Setiawan mengatakan, ruas tol baru ini dibuka secara fungsional dan sementara selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Indra menuturkan, kepastian dibukanya ruas tol baru ini setelah Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat dan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) memastikan bahwa ruas baru dari seksi 4-6 tersebut aman untuk digunakan.

"Iya, jadi mulai hari ini, ruas jalan tol dari seksi 4 hingga 6 itu mulai dibuka. Tadi mulai beroperasi resmi pukul 08.00, dan untuk mudik ini, berlaku satu arah dari Cimalaka ke Majalengka, nyambung ke Cipali," ujar Indra melalui WhatsApp, Minggu.

Indra menuturkan, dengan dibukanya ruas seksi 4-6, maka Tol Cisumdawu dengan panjang 62 kilometer sudah bisa digunakan dan telah tersambung sepenuhnya dengan Tol Cipali.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa