Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Embusan AC Mobil Bau Asem Meskipun Dingin, Penyebabnya Sepele Banget

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 30 April 2023 | 08:30 WIB
Ilustrasi Ac mobil
Dok. Auto2000
Ilustrasi Ac mobil

Otomotifnet.com - Bikin heran kenapa embusan AC mobil menimbulkan bau tidak sedap seperti bau asem meskipun suhu AC tetap dingin, ternyata penyebabnya sepele banget.

Diungkapkan oleh Thayne Finsenda Lika, Pria yang akrap disapa Ko Lung Lung selaku CEO Dokter Mobil Indonesia, menurutnya penyebanya dari penggunaan parfum yang salah.

"Kalau parfum yang terlalu lama enggak diganti bisa bikin AC bau asem dan bau apek, parfum itu kan pakai bahan dasar parafin, parafin itu seperti lilin, yang menguap dan menempel," buka Pria yang akrap disapa Ko Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia beberapa waktu lalu.

"Kalau embusan AC sudah bau asem dan apek, solusinya dengan cuci evaporator dan blower-nya," lanjutnya saat diwawancarai di Dokter Mobil Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kipas blower AC juga turut dibersihkan
Inne/Otoproduk
Kipas blower AC juga turut dibersihkan

Ia menyarankan untuk memilih parfum dengan bahan alami yang tidak mengandung zat kimia, dan juga jangan menggunakan parfum yang terlalu lama di dalam kabin.

Selain itu, bau yang tidak sedap juga disebabkan dari asap rokok, zat kimia dari rokok dapat meninggalkan bau yang tidak sedap.

Sayangnya, masih kata Ko Lung Lung, bau rokok yang ditimbulkan akan sulit hilang terlebih jika sudah menepel di plafon, selain meninggalkan bau, asap rokok di plafon juga meninggalkan bercak hitam yang sulit untuk dihilangkan.

"Kalau bau asem dari zat parfum gampang dihilangkan, tapi kalau bau dari rokok sulit, makanya sebaiknya jangan merokok di dalam mobil," bilangnya.

Selain itu, bau asap rokok juga dapat menempel di plafon dan jok yang akan sulit hilang.

Kabin yang kotor juga faktor embusan AC mengeluarkan bau tidak sedap, maka dari itu selalu perhatikan kebersihan kabin. Debu dan kotoran yang paling banyak berada di karpet mobil.

Baca Juga: Ini Sebab Mesin Mobil Overheat Saat AC Menyala, Komponen Ini Patut Dipelototin

 

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa