Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Benang Kusut Sistem Bayar Tol Tanpa Henti, Gagal Uji Coba 1 Juni 2023 Kaitan Sama Hungaria

Irsyaad W - Rabu, 31 Mei 2023 | 14:00 WIB
Pemerintah melalui Kementerian PUPR akan menerapkan sistem transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai Juni 2023.
Dok. Kementerian PUPR
Pemerintah melalui Kementerian PUPR akan menerapkan sistem transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai Juni 2023.

Otomotifnet.com - Sistem bayar tol tanpa henti di Indonesia gagal diuji coba pada 1 Juni 2023.

Benang kusut gagalnya uji coba ini karena ada kaitannya dengan perusahaan asal Hungaria.

Rencana awal, sistem bayar tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan dicoba di tol Bali-Mandara, namun batal.

Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Musfihin Dahlan, selaku pihak dari Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF beberkan akar masalahnya.

"Semestinya uji coba MLFF pada 1 Juni di Bali, tapi kami dari BUP meminta maaf kepada masyarakat dan Pemerintah Indonesia bahwa uji coba belum bisa kita laksanakan," ucapnya di Jakarta, (30/5/23).

Menurut dia, batalnya pelaksanaan uji coba tersebut karena teknologi sistem MLFF yang dipersiapkan untuk uji coba belum bisa memenuhi standar Key Performance Indicator (KPI) yang disepakati.

"Garis besarnya adalah sistem ini menjamin 100 persen pendapatan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dari tarif tol," tuturnya.

"Hingga beberapa hari menjelang tanggal 1 Juni, kita tidak bisa mendapatkan KPI 100 persen dari kontraktor utama yakni perusahaan Hungaria, Multi Contact Zrt.," bebernya.

Meski sudah diterapkan di Hungaria, teknologi tersebut tentu membutuhkan penyesuaian dengan kondisi dan lingkungan di Indonesia.

Apalagi, terdapat perbedaan yang paling mendasar tentang pengelolaan jalan tol di Indonesia dengan Hungaria.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa