Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fakta Lampu Merah di Jakarta Makin Pintar, Bus Transjakarta Silakan Duluan

Ferdian - Rabu, 5 Juli 2023 | 18:30 WIB
Ilustrasi lampu merah
browninglonglaw.com
Ilustrasi lampu merah

Otomotifnet.com - Lampu lalu lntas yang dilengkapi teknlogi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) ternyata sudah diterapkan di Jakarta lo.

Dishub DKI Jakarta memasang lampu lalu lintas alias lampu merah tersebut pada 20 persimpangan.

Teknologi ini digunakan untuk membantu mengurangi kemacetan.

Karena waktu pergantian lalu lintas bisa secara pintar diatur sesuai kondisi dari kepadatan kendaraan.

"Ada 20 simpang yang sudah menerapkan prinsip AI dengan intelligent transport system di traffic light (lampu lalu lintas)," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya (3/7/2023).

Ia menjelaskan, penerapan kecerdasan buatan cukup berpengaruh dalam memantau dan melakukan pengaturan waktu di lampu lalu lintas berdasarkan informasi basis data internal Google.

Fakta lain juga diungkap, yakni penerapan AI juga dapat memperkuat fungsi sistem manajemen lalu lintas (adaptif forces) yang dijalankan dan menghitung secara aktual volume lalu lintas di simpang.

Sehingga, dengan teknologi tersebut Dishub DKI dapat mengetahui vc ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut.

Selanjutnya, keberadaan teknologi AI di lampu lalu lintas ini, bisa memberikan prioritas terhadap angkutan umum, seperti TransJakarta.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa