Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konstruksi Tol Bawen-Yogya Dilanjut, Pangkas Waktu Semarang ke Yogya Jadi 1,5 Jam

Ferdian - Sabtu, 15 Juli 2023 | 18:30 WIB
Proses kontruksi membangun Box UnderPass (BUP) Tol Yogyakarta-Bawen yang sedang berjalan di Banyurejo, Tempel.
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Proses kontruksi membangun Box UnderPass (BUP) Tol Yogyakarta-Bawen yang sedang berjalan di Banyurejo, Tempel.

Otomotifnet.com - Konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen kembali dilanjutkan.

Tercatat, kemajuan konstruksi untuk Seksi 1 Junction (JC) Sleman-Banyurejo mencapai 31,31 persen dengan progres pembebasan lahan sebesar 65,64 persen hingga akhir Juni 2023.

Seperti diketahui Jalan Tol Yogyakarta-Bawen tergabung dalam Proyek Strategis Nasional untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur.

Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Yogyakarta menuju Semarang atau sebaliknya diklaim akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu sekitar 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.

Direktur Utama PT JJB, A.J. Dwi Winarsa, mengatakan, secara keseluruhan trase Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dibagi menjadi 6 seksi dengan total panjang jalan tol 76,3 Km.

Sesuai dengan target dan prioritas pembangunan di proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, pekerjaan konstruksi yang saat ini menjadi prioritas adalah konstruksi untuk Seksi 1 JC Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo sepanjang 8,8 Km dan Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen sepanjang 6,3 Km.

Konstruksi untuk kedua seksi ini ditargetkan rampung pada Kuartal IV Tahun 2024 yang nantinya akan beroperasi terlebih dahulu.

“Untuk seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo,” ujar Dwi, dalam keterangan resmi (14/7/2023).

“Setelah itu, progres konstruksi akan dilanjutkan pada tiga seksi lainnya yaitu Seksi 2 SS Banyurejo-Borobudur, Seksi 3 Borobudur-SS Magelang dan Seksi 4 SS Magelang-SS Temanggung,” katanya.

Dwi menambahkan, Seksi 5 SS Temanggung-SS Ambarawa sepanjang 21,4 Km akan menjadi seksi terakhir yang menjadi prioritas konstruksi dan akan melengkapi pengoperasian Jalan Tol Yogyakarta-Bawen secara penuh.

Hal ini menyesuaikan rencana alokasi dana pembebasan lahan dari Pemerintah serta menimbang kondisi geografis yang berupa perbukitan sehingga PT JJB akan melakukan pembangunan tunnel/terowongan sepanjang 500 meter di seksi ini.

Baca Juga: Gerbang Tol Bawen Bakal Direlokasi, Jadi Biang Macet Mudik Lebaran

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/14/170131015/tol-yogya-bawen-lanjut-konstruksi-bakal-pangkas-waktu-tempuh-semarang-ke

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa