Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terlibat Kecelakaan Beruntun, Mobil Belakang Jangan Ngarep Dapat Asuransi, Ini Alasannya

Ferdian - Sabtu, 29 Juli 2023 | 17:30 WIB
Ilustrasi kecelakaan beruntun
Korlantas.polri.go.id
Ilustrasi kecelakaan beruntun

Otomotifnet.com - Kecelakaan beruntun sering kali terjadi di lalu lintas Indonesia.

Dalam kondisi tersebut, biasanya pemilik mobil yang terlibat tabrakan beruntun bakal saling menuntut ganti rugi.

Hendra, Regional Manager DKI Asuransi Astra Garda Oto, mengatakan, pada saat terlibat kecelakaan beruntun, mobil yang di belakang akan menanggung kerusakan mobil yang ada di depan.

"Kejadian tabrakan beruntun itu korbannya banyak sehingga akan timbul pertanyaan apakah saya bisa ganti kendaraan yang di depan dan belakang yang jadi korban kecelakaan tabrakan beruntun? Apakah asuransi bisa klaim itu semua?," kata Hendra (28/7/2023).

"Jawabannya, hanya kendaraan di depan saja yang bisa ditanggung oleh mobil di belakangnya, mobil yang ada di belakang tidak," lanjutnya.

Hendra menjelaskan, semisal pada saat kejadian tabrakan beruntun melibatkan tiga mobil.

Mobil nomor dua akan menanggung kerusakan untuk mobil nomor satu atau mobil di depannya.

Sementara itu mobil nomor tiga atau mobil yang berada di belakang mobil nomor dua, kerusakannya tidak akan ditanggung oleh mobil nomor dua.

"Mobil yang posisinya di belakang tidak akan ditanggung karena dia yang nabrak mobil kita, bukan kita yang nabrak mobil dia. Jadi yang mobil kita nabrak saja yang ditanggung, yaitu mobil yang ada di depan," kata Hendra.

Maka dari itu, Hendra menegaskan asuransi kendaraan itu tidak bisa menanggung semua kerusakan kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun.

"Setelah kita menabrak mobil lain apakah asuransi akan menanggung kerusakan mobil kita? Tentu saja mobil yang telah diasuransikan akan ditanggung oleh asuransi," kata Hendra.

Baca Juga: Bingung Pilih Asuransi Mobil, Pastikan Hal Ini Agar Bisa Tidur Nyenyak

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/28/144100715/saat-tabrakan-beruntun-hanya-mobil-depan-yang-ditanggung-asuransi

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa