Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gak Sengaja Jual Oli Palsu, Bengkel Atau Toko Oli Kena Sanksi Penjara Juga?

Ferdian - Jumat, 25 Agustus 2023 | 20:15 WIB
Polri ungkap sindikat produsen dan distribusi oli palsu di Jawa Timur, ribuan barang bukti disita, omzet per bulan bisa sampai Rp 20 Miliar!
Dok. Divisi Humas Polri
Polri ungkap sindikat produsen dan distribusi oli palsu di Jawa Timur, ribuan barang bukti disita, omzet per bulan bisa sampai Rp 20 Miliar!

Otomotifnet.com - Nasib bengkel dipertanyakan di tengah maraknya penjualan oli palsu.

Terlebih oli palsu mudah sekali didapat di bengkel dan toko suku cadang.

Minimnya pengetahuan konsumen ditambah kemasannya yang mirip produk asli bikin oli palsu nyaris tak disadari konsumen.

Pihak kepolisian khususnya Bareskrim Polri pun menyebut ada sanksi pidana bagi toko atau bengkel yang menjual peredaran oli palsu.

Namun yang menjadi pertanyaan bagaimana jika ada pemilik toko dan bengkel yang tidak mengetahui apabila pelumas yang dijual ternyata palsu, apakah bisa dikenakan sanksi?

Menanggapi hal itu, Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri Kombes Pol Indra Lutrianto Amstono pun berikan penjelasan.

"Nanti kita lihat faktanya seperti apa dulu, kalau dia gak tahu ya gak bisa (dikenakan sanksi). Artinya kalau namanya tindak pidana itu ada namanya unsur kesengajaan, kalau dia tidak tahu berartikan itu tidak bisa dikenakan sanksi," kata Indra saat ditemui pada acara Aspelindo di Jakarta Selatan (24/8/2023).

Lain halnya bagi bengkel penjual oli palsu dapat terjerat hukum setidaknya telah melanggar pasal tentang Pemalsuan dan Undang-undang Perlindungan Konsumen.

Bagi bengkel atau toko yang terbukti melanggar maka akan mendapatkan ancaman hukuman penjara.

Dimana para pelaku dijerat dengan pasal 82 ayat 1 junto pasal 8 ayat 1 huruf A dan E, UU nomor 8 tahun 1999, tentang perlindungan konsumen, serta pasal 100 ayat 1 UU No.20 tahun 2016 tentang, merk dan indikasi Geografis, dengan ancaman 5 tahun Penjara, denda paling banyak 2 Milyar Rupiah.

Sedangkan sanksi untuk produsen atau pembuat oli/pelumas palsu dapat dikenakan sanksi berlapis, karena dianggap telah melanggar 3 undang-undang sekaligus diantaranya UU Perindustrian, UU Perlindungan Konsumen, dan UU Merk.

Baca Juga: Pemalsu Oli Langsung Enggak Bisa Tidur, Aspelindo Umumkan Perang

Sumber: https://www.gridoto.com/read/223874045/bagaimana-nasib-bengkel-dan-toko-jika-oli-yang-dijual-palsu-ini-kata-polisi

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa