Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Bangga, Pembalap Astra Honda Ukir Sejarah, Indonesia Raya Berkumandang Dua Kali di ATC Motegi

Panji Nugraha - Senin, 2 Oktober 2023 | 15:30 WIB
Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dua kali pada gelaran balap international Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Motegi setelah pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM)
AHM
Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dua kali pada gelaran balap international Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Motegi setelah pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM)

Otomotifnet.com - Bikin bangga dan menjadi sejarah bagi Indonesia setelah lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan dua kali di balapan internasional Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang diselenggarakan di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang (30 September - 1 Oktober 2023).

Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dua kali karena pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama berhasil menyapu bersih podium tertinggi pada kedua race di putaran kedua IATC.

Torehan ini juga menjadi sejarah baru, yaitu sebagai pembalap non Jepang yang meraih juara di sirkuit Motegi sejak tahun 2017 pada kejuaraan ini.

Menggunakan Honda NSF250R, Veda Ega Pratama start di posisi 6 di race pertama (30/09) dan bisa langsung menusuk ke barisan depan hingga mampu finish di posisi pertama.

Menggunakan Honda NSF250R, Veda Ega Pratama start di posisi 6 di race pertama (30/09) dan bisa langsung menusuk ke barisan depan hingga mampu finish di posisi pertama.
AHM
Menggunakan Honda NSF250R, Veda Ega Pratama start di posisi 6 di race pertama (30/09) dan bisa langsung menusuk ke barisan depan hingga mampu finish di posisi pertama.

Sementara itu pebalap belia lainnya, Chessy Meilandri pada race pertama berhasil menyelesaikan balapan pertamanya di sirkuit Twin Ring Motegi dengan finish di urutan ke-10 dan Reykat Fadillah pada posisi ke-12.

Skill Veda Ega Pratama juga diperlihatkan di race dua (01/10), pembalap berusia 14 tahun ini kembali mengibarkan bendera Indonesia di podium tertinggi IATC Motegi.

Bahkan, Veda Ega Pratama bisa mencetak gap cukup jauh dengan pembalap lainnya, lulusan Astra Honda Racing School mampu menyelesaikan balapan dengan waktu 26:34:603.

 

“Alhamdulillah, saya berhasil meraih podium tertinggi di kedua race ATC akhir pekan ini. Sejak awal race saya berusaha tenang dan menunggu momentum untuk maju ke depan hingga akhirnya bisa menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finish,"

"Terima kasih kepada Astra Honda Motor, keluarga, dan semua orang yang mendukung saya. Double winner ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” ujar Veda.

Dengan perolehan dua kali podium ini, Veda mengukuhkan namanya di posisi pertama klasemen pembalap sementara dengan total 95 poin.

Namun dalam balapan kali ini, Reykat dan Chessy harus menelan pil pahit setelah mengalami crash di seri kedua IATC Motegi ini.

Sedangkan klasemen sementara Reykat berada di posisi ke 13 dan Chessy di urutan 16.

Persaingan ketat pembalap di IATC Motegi
AHM
Persaingan ketat pembalap di IATC Motegi

"Kami senang sekali dapat kembali mengantarkan pebalap Indonesia mempersembahkan pengibaran Merah Putih di ajang balap bergengsi ini,"

"Melalui prestasi membanggakan ini, pebalap Indonesia terbukti memiliki kompetensi untuk bersaing bersama pebalap-pebalap berbakat negara lain. Kami akan terus mendukung pencapaian prestasi putra-putra bangsa ini," ujar General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya.

Sebagai informasi, IATC merupakan ajang balap bergengsi yang digagas Dorna Sports selaku penyelenggara balap tingkat dunia MotoGP untuk mencari pembalap-pembalap muda berbakat dari Asia.

Pada setiap event balap IATC akan digelar 2 kali balapan sebelum akhirnya setiap pebalap mengumpulkan akumulasi poin untuk menentukan posisi klasemen tertinggi hingga akhir seri.

Seri IATC 2023 selanjutnya akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit, Indonesia pada 13-15 Oktober 2023.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa