Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Diesel Ford Everest Telat Ganti Oli Gardan & Transmisi, Ini Efek Buruknya

F Yosi - Rabu, 1 November 2023 | 18:30 WIB
Ganti oli transmisi dan oli gardan Ford Everest 4x4 tahun 2012
F Yosi/Otomotifnet
Ganti oli transmisi dan oli gardan Ford Everest 4x4 tahun 2012

Otomotifnet.com - Pemilik mobil diesel khususnya Ford Everest biasanya fokus perawatan hanya pada bagian komponen mesin termasuk penggantian oli mesin.

Nah.. terkadang waktu penggantian oli gardan dan transmisi Ford Everest suka lupa, dikarenakan memang lebih lama dibanding mesin, namun jika telat efeknya bisa buruk lho.

Efek buruk bila telat mengganti oli gardan adalah gir bisa menjadi aus dan berpotensi terjadi kerusakan pada komponen itu sendiri.

Alhasil, pemilik mobil harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk penggantian komponen tersebut.

Nah jika Anda telat ganti oli trasnmisi, efeknya adalah kinerja olinya akan berkurang dan temperatur akan naik karena gesekan bertambah, alhasil tenaga mobil berkurang, serta laju mobil tertahan karena transmisi selip, bahkan lebih parahnya lagi bisa mogok. Amit-amit jangan sampai ya Sob.

Proses ganti oli gardan Ford Everest 4x4
F Yosi/Otomotifnet
Proses ganti oli gardan Ford Everest 4x4

“Saya sudah merasakan gelagat yang kurang enak saat berkendara. Mobil berasa ngegerung kalau melewati tanjakan. Kayaknya efek dari telat ganti oli gardan," beber Toni, pemilik mobil Ford Everest manual 4x4 tahun 2012.

“Nah.. biar enggak merembet masalah lainnya, sekalian ganti oli trasnmisi soalnya di metercluster sudah di angka Km 204 ribu. Biar nggak rusak komponen pada transmisi," tambah Toni.

Team Bengkel FAST Pancoran, Muksin, mengatakan, “Kalau di buku manual penggantian oli gardan dan transmisi harus dilakukan setiap kendaraan mencapai jarak tempuh 40 ribu kilometer atau dalam dua tahun sekali,"

Untuk ganti oli transmisi dan oli gardan Ford Everest butuh 6 liter oli
F Yosi/Otomotifnet
Untuk ganti oli transmisi dan oli gardan Ford Everest butuh 6 liter oli


Nah.. Bila melewati batas jarak tempuh atau waktu tersebut maka gardan dan transmisi dapat menimbulkan gejala kerusakan, misalnya mengeluarkan bunyi-bunyian. Ditambah suara transmisi gardan ada suara mendengung.  

Muksin menyarankan, bila mobil sudah umurnya lebih dari 10 tahun, ganti oli gardan dan transmisi sebaiknya di 20 km atau satu tahun pemakaian.

Tujuannya untuk mencegah kerusakan pada gardan dan transmisi lebih cepat.

"Untuk mobil Ford Everest 4x4 ini, menggunakan oli Mesran Rored HAD Sae 90 single grade dengan harga Rp 62.000/L. Total membutuhkan 5 liter oli untuk gardan dan transmisi", tutup Muksin.

Sedangkan jenis oli lainnya ada Castrol Transmax Manual Sae 80W/90 Dauble grade Rp. 71.000/L dan Shell spirax Manual Sae 80W/90 Dauble grade Rp. 85.000/L.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa