Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tenang, Harga Pertamax dan Dexlite Cs Bakal Segitu-segitu Aja Karena Dasar Ini

Irsyaad W - Kamis, 2 November 2023 | 11:30 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Pertamina
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau masyarakat tenang dengan harga BBM Non Subsidi.

Karena harga Pertamax dan Dexlite Cs bakal segitu-segitu aja.

Segitu-segitu saja dalam artian tidak akan melebihi batas atas yang sudah ditetapkan pemerintah.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, badan usaha tidak boleh menetapkan harga BBM non subsidi di atas batas atas tersebut.

"Ada batasan dari pemerintah yang artinya tidak boleh lebih dari batasan tersebut," kata Dadan saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, (27/10/23) disitat dari Kontan.co.id.

Seperti diketahui, Pemerintah telah mengatur formula harga dasar dalam perhitungan jenis bahan bakar minyak umum (JBU) alias BBM non subsidi lewat Keputusan Menteri ESDM No. 245 Tahun 2022.

Mengutip lampiran kepmen tersebut, perhitungan harga jual eceran jenis bahan bakar minyak umum jenis bensin dan minyak solar yang disalurkan melalui SPBU dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan ditentukan dalam 2 formula.

Untuk jenis Bensin di bawah RON 95 dan jenis Minyak Solar CN 48, rumusnya adalah Mean of Plaits Singapore (MOPS) atau Argus + Rp 1.800,00/liter + Margin (10% dari harga dasar).

Ilustrasi dispenser BBM Dexlite di SPBU Pertamina
Tribunsumsel.com
Ilustrasi dispenser BBM Dexlite di SPBU Pertamina

Sementara itu, jenis Bensin RON 95, jenis Bensin RON 98, dan jenis Minyak Solar CN 51 rumusnya MOPS atau Argus + Rp2.000,00/Iiter + Margin (10% dari harga dasar).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa