Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terbongkar Tips Trik Sopir Truk Irit BBM Biar Uang Saku Tebel

Ferdian - Jumat, 10 November 2023 | 19:45 WIB
Ilustrasi sopir truk.
Kompas.com
Ilustrasi sopir truk.

Otomotifnet.com - Buat para sopir truk, pasti punya trik hemat supaya upah yang didapat bisa ngumpul lebih banyak dan bikin saku tebel.

Sekadar info, dalam menjalani tugas menjadi sopir truk di Indonesia umumnya jenis upah dibedakan berdasarkan sistem borongan atau bulanan.

Meski begitu menghemat pengeluaran bahan bakar kendaraan (BBM) jadi hal yang kerap dilakukan oleh sopir truk.

Trik ini memberikan keuntungan bagi pemilik perusahaan logistik dan juga sopir.

Dilansir dari Kompas.com, biasanya beberapa perusahaan logistik akan memberikan uang sangu atau uang bekal kepada sopir untuk alokasi BBM.

Romi salah satu sopir truk asal Probolinggo mengatakan, kalau sampai kurang, perusahaan tidak akan memberikan lebih karena sudah jatahnya setiap sopir mendapatkan uang saku dengan nominal tersebut.

"Makanya sopir harus bisa mengatur agar bisa cukup, terutama sopir truk borongan. Tapi kalau misalnya ada sisanya, uang itu bisa buat sopir. Maka dari itu setiap sopir selalu mengusahakan jangan sampai boros dalam penggunaan BBM," kata Romi kepada Kompas.com di Pelabuhan Sunda Kelapa beberapa hari yang lalu.

Romi mengatakan, cara yang paling mudah dilakukan agar tidak boros bahan bakar adalah tidak mengendarai truk dengan kecepatan tinggi.

Mengendarai truk dengan kecepatan yang stabil justru akan membuat BBM lebih irit.

"Saat mengemudi harus bisa sesuaikan gigi dengan momentum di jalan, misalnya pakai gigi rendah untuk nanjak dan gigi tinggi di jalan tol. Lalu saat injak rem dan gas perlahan saja dan jangan lakukan rem mendadak. Cara ini akan membuat BBM truk lebih irit dan lebih aman selama berkendara, " kata Romi.

Baca Juga: Sopir Truk Nangis Ban Serep Dimaling Cuma Akting, Dulu Ketahuan Jual Terpal dan Ban Juga

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa