Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buruan Pak Sopir, Truk Barang Dilarang Keliaran Saat Nataru Selama 180 Jam

Irsyaad W - Rabu, 6 Desember 2023 | 10:00 WIB
Timbangan di mulut gerbang tol untuk ketahui truk ODOL
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Timbangan di mulut gerbang tol untuk ketahui truk ODOL

Otomotifnet.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) bakal terjadi lonjakan kendaraan.

Oleh itu bagi para sopir truk buruan antar barang ke tempat tujuan sebelum tanggal berikut ini.

Sebab Pemerintah memberlakukan pelarangan melintas bagi truk barang selama Nataru.

Seperti dijelaskan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, (4/12/23).

Subakti mengatakan, pembatasan operasional angkutan barang selama Nataru kali ini akan mencapai 180 jam dan diselenggarakan mulai 22-24 Desember 2023, 26-27 Desember 2023, 29-30 Desember 2023 dan 1-2 Januari 2024.

"Dalam rapat dengan Dirjen Perhubungan Darat, pengaturan lalu lintas berupa pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga ke atas pada beberapa ruas jalan tol telah direncanakan," ujarnya, (4/12/23) menukil Kompas.com.

Namun keputusan pembatasan angkutan barang selama Nataru ini masih perlu disahkan oleh para pemangku kepentingan yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korlantas Polri dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebelum diumumkan.

"Jadi total seluruhnya adalah 180 jam pembatasan yang akan dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga pihak yang nanti akan ditandatangani oleh Dirhubdat, Kakorlantas, dan Dirjen Bina Marga," ucapnya.

Terpisah, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menyebut masih belum dapat memastikan jalur tol kelolaan Jasa Marga mana saja yang akan diterapkan pembatasan angkutan barang selama Nataru mendatang.

"Belum (diputuskan). Mungkin buat gambaran seperti yang lebaran ya, tapi nanti dievaluasi apakah akan sama mobilisasinya dengan lebaran Nataru ini? Itu nanti kita lihat," kata Lisye ditemui di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, (4/12/23).

Dia juga masih belum dapat memastikan jenis kendaraan angkutan barang yang akan dibatasi pada Nataru.

"Belum tahu juga, bisa jadi tidak sekompleks (saat lebaran) itu karena kan mobilisasi saat Nataru di bawah mudik lebaran," tukasnya.

Sebagai info, pembatasan operasional angkutan barang pada Lebaran 2023 lalu diterapkan di berbagai ruas jalan tol seperti Tol Jakarta-Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Bogor-Ciawi-Cigombong hingga Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi.

Baca Juga: Jangan Ngarep Ada Diskon Tarif Tol Saat Libur Nataru, Jasa Marga Bilang Begini

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa