Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Duh, Avanza dan Raize Kena Imbas Skandal Keselamatan Daihatsu, Tapi...

Irsyaad W - Jumat, 22 Desember 2023 | 16:30 WIB
Cuplikan video uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky oleh JNCAP
YouTube/nasvaassess
Cuplikan video uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky oleh JNCAP

Otomotifnet.com - Skandal keselamatan Daihatsu berimbas ke beberapa merek mobil lain.

Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd Soichiro Okudaira mengungkapkan, pihaknya akan menghentikan pengiriman semua kendaraan yang diproduksi, baik ke luar negeri maupun di dalam negeri Jepang.

Keputusan ini menyusul hasil penyelidikan skandal manipulasi uji keselamatan yang melibatkan 64 model kendaraan, termasuk 22 model yang dijual dengan merek Toyota beserta tiga mesin yang dipasarkan secara global.

Penyelidikan dilakukan oleh Komite Pihak Ketiga Independen yang diketuai oleh Makoto Kaiami, di bawah pengawasan Kementerian Transportasi Jepang.

"Berdasarkan hasil temuan tersebut, hari ini kami memutuskan semua kendaraan itu yang diproduksi di Jepang maupun luar negeri, pengirimannya akan diberhentikan sementara," kata dia dalam konferensi pers online, (20/12/23) dilansir dari Kompas.com.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini kepada semua konsumen dan mitra atau stakeholders terkait," lanjut Soichiro.

Diceritakan lebih lanjut, pada April 2023, Daihatsu mengumumkan telah menemukan kecurangan dalam uji tabrak samping untuk empat model yang dipasarkan ke luar negeri.

Perusahaan telah membentuk panel independen terkait masalah tersebut.

Pada bulan berikutnya, Daihatsu mengatakan bahwa mereka telah menghentikan penjualan kendaraan listrik hibrida Toyota Raize dan model Rocky setelah juga menemukan masalah dengan pengujian untuk kedua model tersebut.

Adapun menurut data Toyota, Daihatsu memproduksi 1,1 juta kendaraan selama 10 bulan pertama tahun 2023, dan hampir 40 persennya diproduksi di luar negeri.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa