Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Skandal Daihatsu Ngefek ke Toyota Rush, Intip Spek dan Harganya Sekarang

Ferdian - Sabtu, 23 Desember 2023 | 19:30 WIB
Toyota Rush
Dok. Otomotif
Toyota Rush

Otomotifnet.com - Skandal safety Daihatsu yang lagi heboh ini juga terdampak ke mobil-mobil Toyota, Rush jadi salah satunya.

Namun Toyota Rush yang terdampak skandal ini diklaim hanya untuk pasar ekspor ke Malaysia, sehingga tak ada masalah untuk konsumen di Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis dari web resmi Toyota Indonesia dijelaskan kalau pelanggan yang menggunakan produk Toyota termasuk yang dikembangkan bersama Daihatsu tidak perlu khawatir atau melakukan tindakan apapun, dan dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa.

"Didasari bahwa seluruh kendaraan Toyota (termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu) dijual di Indonesia telah memenuhi aturan dan proses homologasi yang berlaku," papar keterangan tersebut, dikutip dari GridOto.

Bicara soal Toyota Rush yang dijual di Indonesia, Low Sport Utility Vehicle (LSUV) ini terakhir kali dapat penyegaran pada 2017 lalu.

Kembaran Daihatsu Terios tersebut menggendong mesin dengan kode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc, empat silinder sejajar, DOHC.

Mesin dengan teknologi Dual VVT-i tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga 102,5 dk pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) melalui pilihan transmisi manual dan otomatis.

Masuk ke interior, pesaing Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross ini dibekali fitur hiburan DVD AVX-7 yang dilengkapi dengan koneksi internet.

Fitur Comfortable Tilt Steering juga sudah disematkan guna memudahkan dalam mengatur posisi mengemudi.

LSUV tujuh penumpang ini memiliki sejumlah fitur keselamatan seperti Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA), 6-Airbags, dan Seat Belt Indicator Warning.

Sebagai pilihan untuk konsumen, Toyota Rush menawarkan enam pilihan warna.

Antara lain Red Mica Metallic, Bordeaux Mica, Black Mica, Bronze Mica, Bronze Mica Metallic, White, dan Silver Mica.

Harga Toyota Rush pada awal Desember 2023 dibanderol mulai Rp 282,7 juta untuk tipe termurahnya yakni 1.5 G M/T.

Sedangkan untuk tipe termahal Toyota Rush yaitu S A/T GR Sport dijual Rp 306,1 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sekadar info, berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan terhadap skandal safety Daihatsu sejak April 2023, ditemukan ratusan kasus baru.

Setidaknya ada 174 kasus baru dalam 25 item pengetesan yang ditemukan pada 64 model dan tiga seri mesin, termasuk di dalamnya adalah model yang sudah berhenti diproduksi. 

Selain kesalahan pada tes tabrak samping yang menjadi awal skandal ini, diketahui kalau termasuk di dalam kasus baru tersebut adalah kesalahan pada data emisi dan lingkungan hidup lainnya.

Berikut Harga OTR Jakarta Toyota Rush Desember 2023 dihimpun dari situs resmi toyota.astra.co.id selengkapnya:

Tipe  Harga 
1.5 G M/T Rp 282,7 juta
1.5 G A/T Rp 293,5 juta
1.5 S M/T GR Sport Rp 295,4 juta
1.5 S A/T GR Sport Rp 306,1 juta

 Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF Rush GR RPM Enteng Tapi Akselerasi Biasa

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa