Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesti Legowo, Tarif Sebagian Ruas Tol Trans Sumatera Gak Akan Murah Lagi

Irsyaad W - Jumat, 19 Januari 2024 | 14:30 WIB
Mau Mencoba Tol Trans Sumatera, Siapkan Dana Segini di Kartu Elektronik
Pilot/otomotifnet.com
Mau Mencoba Tol Trans Sumatera, Siapkan Dana Segini di Kartu Elektronik

Otomotifnet.com - Sebagian ruas tol Trans Sumatera dikelola PT Hutama Karya.

Memasuki tahun 2024 ini pengguna jalan tol Trans Sumatera mesti legowo.

Karena Hutama Karya punya rencana membuat tarif sebagian ruas tol Trans Sumatera gak akan murah lagi.

Seperti diketahui, Hutama Karya merupakan pengelola jalan Tol Trans-Sumatera yang di antaranya Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Tol Palembang–Indralaya, Tol Pekanbaru–Dumai serta Tol Sigli–Banda Aceh.

"Secara kualitas, ruas-ruas tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilakukan penyesuaian tarif dan diharapkan mendapatkan perizinan," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulis, (11/1/24).

"Mengingat penyesuaian tarif itu cukup krusial untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif, sehingga kami berharap dapat terlaksana sesuai target," kata dia.

"Sebelum jalan tol diizinkan untuk dilakukan penyesuaian tarif, dilakukan penilaian dan pengujian terlebih dahulu," terangnya.

"Selain itu, pada saat pelaksanaannya juga masih harus melihat kondisi dan situasi terkini, jika ada special case seperti sebelumnya ada pandemi, penyesuaian tarif juga harus ditunda terlebih dahulu," ucap Tjahjo.

Tak hanya itu, beberapa ruas yang baru dioperasikan tahun 2023 oleh Hutama Karya saat ini masih beroperasi tanpa tarif atau belum berbayar.

Seperti Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang–Baitussalam), Tol Binjai–Langsa Seksi 2 (Stabat–Kuala Bingai), Tol Indralaya–Prabumulih, dan Tol Indrapura–Lima Puluh.

Adapun ruas yang paling lama beroperasi tanpa tarif saat ini, yaitu Tol Sibanceh Seksi 5 & 6 sejak bulan Juni 2023 atau telah lebih dari 7 bulan dioperasikan tanpa tarif.

"Harapannya dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di mana selama beroperasi tanpa tarif, operasional maupun pemeliharaan jalan tol tetap berjalan meskipun masih belum mendapatkan profit dan untuk pendanaannya masih dari internal perusahaan," ucap Tjahjo.

"Semoga SK Penetapan Golongan Tarif Kendaraan dapat segera dikeluarkan dan tarifnya dapat segera berlaku," ujarnya.

Baca Juga: Ada 13 Ruas Tol Bakal Dimahalkan Tarifnya di Awal Tahun, Isi Saldo E-Toll Dulu

Editor : Panji Nugraha
Sumber : kompas

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa