Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kerap Bikin Gaduh, Polisi Ungkap Alasan Masih Terbitkan Pelat Nomor Dewa

Irsyaad W - Jumat, 2 Februari 2024 | 10:30 WIB
Pelat dewa sudah mulai digunakan dengan kode huruf ZZ
Hendra
Pelat dewa sudah mulai digunakan dengan kode huruf ZZ

Otomotifnet.com - Pelat nomor dewa alias khusus dan rahasia kerap bikin gaduh.

Sebab banyak orang gila hormat yang nekat memalsukan dengan niat mendapat keistimewaan di jalan.

Lantas, apa alasan masih diterbitkannya pelat nomor dewa?

Sebab sebagian masyarakat tidak paham dengan fungsi dan tujuan dibuatnya pelat nomor khusus dan rahasia untuk mobil pejabat.

Bahkan ada beberapa pertanyaan yang justru menjadi asumsi keliru, contohnya seperti anggapan kalau pelat nomor khusus kebal hukum.

Menanggapi ini, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan, ada beberapa fungsi utama dari pelat nomor khusus.

Untuk diketahui, istilah pelat nomor khusus sendiri mengacu pada tiga kode huruf terakhir, bisa berupa ZZP, ZZT, ZZH, dan kode lainnya dengan awalan ZZ.

Secara singkat, pelat nomor khusus punya fungsi dasar seperti Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) pada umumnya, yakni sebagai kode registrasi dan identifikasi bagi suatu kendaraan.

"Pelat nomor khusus kan hanya boleh digunakan oleh pejabat instansi, jadi dibuatlah kode ini sebagai pengelompokan untuk identifikasi yang lebih komprehensif," kata Yusri saat dihubungi, (30/1/24) melansir Kompas.com.

Meninjau dari segi aturan, penggunaan pelat nomor khusus diatur di dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), dan Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa