Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Avanza, Veloz, Vios, Sienta dan Yaris Cross Direcall, Penyakit Ini Terdeteksi

Ferdian - Selasa, 13 Februari 2024 | 18:15 WIB
Toyota Veloz
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Toyota Veloz

Otomotifnet.com - Sempat heboh di luar negeri, kini PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi melakukan recall mobil-mobil Toyota di Indonesia.

Lima model Toyota yang kena recall adalah Avanza, Veloz, Yaris Cross, Vios dan Sienta.

Recall yang pertama yakni untuk Toyota Sienta yang berhubungan dengan resiko kebocoran air di pilar depan.

"Jadi di sana ada klip yang sil nya ada kemungkinan bocor dan bisa mempengaruhi kelistrikan, karena listrik dan air itu kan berlawanan," ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM saat dijumpai beberapa waktu lalu (12/2).

"Yang terpengaruh itu adalah unit-unit Toyota Sienta produksi 2016 sampai 2020, unit yang sudah lewat masa garansinya pun tetap kami cover dalam recall ini," lanjutnya.

Ilustrasi Toyota Sienta
Nabiel G
Ilustrasi Toyota Sienta

Anton mengatakan, ada 39.238 unit Toyota Sienta yang terdampak dalam program recall ini dan pengerjaannya sendiri bisa memakan waktu 2 hingga 3 jam di bengkel resmi.

Recall yang kedua adalah untuk Toyota Avanza dan Veloz, dan penyakitnya cukup bersinggungan dengan isu yang melanda Daihatsu Jepang sebelumnya karena berhubungan dengan Front Right Side Beam.

Meski begitu, Anton menegaskan kalau kasus di Jepang adalah isu homologasi, sementara di Indonesia isunya berhubungan dengan pengelasan yang diduga kurang sempurna.

"Itupun bukan karena komplain konsumen, tapi ditemukan setelah pengecekan internal, untuk menghindari kemungkinan masalah makanya kami melakukan recall," tukasnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa