Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hemat Waktu, Ini 4 Tol Fungsional yang Bisa Dilewati Gratis Saat Mudik Lebaran 2024

Ferdian - Selasa, 26 Maret 2024 | 21:30 WIB
Daftar ruas tol fungsional yang disiapkan Jasa Marga untuk menunjang arus mudik dan balik Lebaran 2024
Tribunnews.com/Irwan Rismawan
Daftar ruas tol fungsional yang disiapkan Jasa Marga untuk menunjang arus mudik dan balik Lebaran 2024

Otomotifnet.com - Info buat pemudik, ada empat ruas jalan tol yang akan dibuka fungsional selama momen Mudik Lebaran 2024.

Keempat ruas tol ini belum punya infrastruktur selengkap jalan tol biasanya, namun sudah bisa dilalui pemudik secara gratis.

Pengoperasian keempat jalur fungsional ini bukan sepanjang waktu, melainkan bakal dioperasikan mengikuti diskresi pihak kepolisian berdasarkan tingkat kepadatan lalu lintas.

Pertama, Tol Solo-Yogyakarta yang beroperasi secara fungsional mulai pukul 06.00 sampai 17.00 pada 5-11 April 2024 (arus mudik) dan 12-15 April 2023 (arus balik), khusus untuk kendaraan golongan 1 yakni sedan, jip, pikap/truk kecil, kecuali bus.

“Untuk Jalan Tol Yogya-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22,3 km dari (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 km),” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dikutip dari Kompas.com (21/3/2024).

“Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo,” katanya.

Lalu Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang merupakan jalan tol alternatif untuk mengurangi beban Tol Jakarta-Cikampek yang sudah sangat padat.

Jalur ini akan dibuka untuk mendukung distribusi lalu lintas arus balik dari Bandung dan sekitarnya ke Jakarta.

Tak ketinggalan terdapat tambahan lajur fungsional di Tol Palikanci, di mana Jasa Marga menyiapkan tambahan satu lajur, hingga menjadi total tiga lajur.

Lajur tambahan sepanjang 2,04 kilometer ini berlokasi di Jalan Tol Palikanci Km 208+150 hingga Km 210+190.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa