Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlu Tahu, Begini Cara Mengendalikan Mobil Matik CVT di Tanjakan

Ferdian - Minggu, 31 Maret 2024 | 23:15 WIB
Begini cara antisipasi mobil matik CVT saat melibas tanjakan curam
Begini cara antisipasi mobil matik CVT saat melibas tanjakan curam

Otomotifnet.com - Sudah banyak mobil matik yang menggunakan transmisi khusus yakni continuous variable transmission (CVT).

Ada perbedaan karakter mendasar antara transmisi matik AT konvensional dengan CVT, termasuk cara penggunaannya.

Karena kalau asal pakai, CVT bisa lebih rentan mengalami kerusakan karena alasan tertentu.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan transmisi CVT didesain khusus untuk mobil perkotaan sehingga tidak cocok untuk melibas tanjakan sehingga saat digunakan perjalanan mudik perlu penyesuaian.

“Menggunakan mobil CVT untuk untuk mudik sih aman saja selama medan yang dilewati tidak terlalu ekstrem, tapi jika memang terpaksa harus melalui tanjakan dan sejenisnya pengemudi perlu menyesuaikan diri atau melakukan antisipasi,” ucap Hardi dikutip dari Kompas.com.

Menurut Hardi transmisi matik CVT sebaiknya tidak dipaksakan untuk melibas tanjakan, karena risikonya bisa sampai merusak komponen dalam seperti puli dan sabuk bajanya.

“Jika dipaksakan dengan menginjak pedal gas dalam dalam waktu lama, akan berisiko merusak puli dan sabuk bajanya, ada potensi terjadinya overheat dan selip” ucap Hardi.

Meski begitu, Hardi mengatakan transmisi CVT lebih unggul dalam hal efisiensi bahan bakar karena sistemnya membuat percepatan selalu selalu menyesuaikan diri dengan lebih akurat. Selain itu, CVT juga lebih nyaman saat dioperasikan sehingga tidak ada hentakan saat terjadi perpindahan percepatan.

“Cara paling aman mengoperasikan mobil CVT saat menanjak adalah dengan menginjak pedal gas perlahan dari putaran bawah, sebisa mungkin mengandalkan gaya dorong atau momentum sehingga beban CVT lebih ringan,” ucap Hardi.

Hardi juga mengatakan penting juga untuk memantau tachometer atau putaran mesin di speedometer.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa