Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlu Tahu, Ini Fitur Ertiga Hybrid Cruise Yang Bikin Mudik Lebih Mudah

Panji Nugraha - Senin, 8 April 2024 | 23:22 WIB
All New Ertiga Hybrid Cruise
Suzuki
All New Ertiga Hybrid Cruise

Otomotifnet.com - Perjalanan mudik dan balik wajib diatur sedemikian rupa agar berjalan dengan aman dan lancar.

Mulai dari mengatur jadwal keberangkatan, destinasi hingga sisi ekonomis.

Selama mudik, pengguna mobil bisa memaksimalkan dan memudahkan pengalaman perjalanannya dengan memanfaatkan fitur-fitur pintar pada mobil seperti cruise controlengine auto-stop, dan lainnya.

Suzuki Indonesia memberikan gambaran nyata simulasi perjalanan mudik serta wisata dengan rute Jakarta – Cirebon – Pekalongan - Solo – Jakarta selama 3 hari menggunakan All New Ertiga Hybrid Cruise.

Perjalanan panjang menggunakan rute kombinasi jalan tol dan lalu lintas perkotaan mewakili pola perjalanan mudik yang menyenangkan.

Untuk menelusuri keseruan perjalanan mudik dengan dukungan fitur pada All New Ertiga Hybrid Cruise, sederet inspirasi berikut dapat dijadikan referensi bagi calon pemudik lainnya:

Rencanakan jarak tempuh perjalanan untuk kelola konsumsi bahan bakar

Berbekal mobil ramah lingkungan All New Ertiga Hybrid Cruise dengan transmisi otomatis (A/T), perjalanan mudik yang disertai dengan agenda wisata lokal diawali dari Jakarta dengan tujuan pertama yaitu kota Cirebon, kemudian mampir ke kota Pekalongan dan berakhir di kota Solo.

Hari ke-2 dan ke-3 perjalanan dimanfaatkan untuk berkeliling kota Solo dan mengunjungi berbagai objek wisata yang menarik seperti Masjid Sheikh Zayed Solo, Nasi Liwet Bu Kirmadi, Solo Safari, Soto Gading, berkeliling di Jalan Slamet Riyadi, Pusat Grosir Solo, Selat Mba Lies, Lokananta, Waduk Cengklik, Susu Murni Shijack, dan De Tjolomadoe.

Usai puas berwisata di kota Solo, perjalanan pun harus kembali ke Jakarta sehingga didapatkan total jarak tempuh yang telah dilalui sejauh 1.308 km.

Perjalanan selama 3 hari tersebut menghabiskan sekitar 64,8 liter bahan bakar RON 92 senilai Rp 840.131,-.

Pemanfaatan Cruise Control di jalan tol antar kota

Pada perjalanan lintas kota melalui jalan tol yang panjang, terkadang terasa melelahkan bagi sebagian pengendara.

Guna meringankan perjalanan kali ini, fitur cruise control benar-benar efektif dimanfaatkan dengan  baik.

Meski batas maksimum kecepatan yang diperbolehkan lebih tinggi, namun kali ini laju All New Ertiga Hybrid Cruise dijaga secara konstan pada 90 km/jam, menggunakan cruise control.

Sesekali penyesuaian kecepatan turut dilakukan, caranya pun mudah karena hanya perlu mengubah batas kecepatan mobil melalui tombol yang ada di lingkar kemudi.

Engine Auto-Stop yang bermanfaat di lalu lintas dalam kota

Mampir dan melintasi kota-kota di Jawa Barat hingga ke Jawa Tengah, Suzuki banyak menemui keunikan pada suasana kota yang sangat beragam.

Tak hanya itu, jumlah persimpangan dengan antrian lampu lalu lintas pun cukup banyak dijumpai sehingga memerlukan gaya berkendara stop & go.

Pada situasi seperti itu, keberadaan fitur Engine Auto-Stop dapat langsung dirasakan manfaatnya untuk mematikan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti, dan hidup saat perjalanan dimulai kembali.

Di dalam Multi Information Display (MID) dapat diketahui seberapa banyak bahan bakar yang dapat dihemat selama fitur tersebut aktif, sehingga total biaya untuk pembelian bahan bakar pun dapat lebih efisien.

Hiburan tanpa henti pada head unit touchscreen 8 inch

Perjalanan Jakarta – Cirebon – Pekalongan - Solo yang ditempuh dalam waktu 8 jam dilalui dengan menyenangkan berkat hiburan tanpa henti pada head unit touchscreen 8 inch.

Terlebih lagi, head unit All New Ertiga Hybrid Cruise telah dilengkapi dengan fitur smartphone mirroring sehingga penumpang bisa menghubungkan ponsel pintarnya dan memutar musik maupun menampilkan peta perjalanan dalam rangka mencari lokasi kuliner yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Sesekali dalam kondisi menunggu di lokasi parkir, para penumpang menghubungkan aplikasi video untuk menayangkan karaoke lagu favorit dan bernyanyi bersama untuk menjaga suasana bahagia.

Auto Guide Me Light yang memberi penerangan di tempat minim cahaya

Dalam perjalanan kembali ke Jakarta, kondisi jalan tol yang cukup padat membuat perjalanan sedikit lebih lama hingga larut malam, dan membutuhkan waktu untuk beristirahat di rest area.

Minimnya pencahayaan di area parkir tidak menyulitkan bagi pencarian posisi All New Ertiga Hybrid Cruise, karena adanya fitur Auto Guide Me Light sangat membantu untuk menemukan mobil yang terparkir dengan mudah.

Diantara banyaknya mobil yang sedang terparkir, lampu All New Ertiga Hybrid Cruise dapat menyala dalam beberapa detik untuk memberikan tanda dan memandu menuju ke mobil.

Joshi Prasetya, Dept. Head of Strategic Planning PT SIS, mengungkapkan fitur pada All New Ertiga Hybrid Cruise turut membantu kelancaran perjalanan mudik penggunanya. 

“Menyongsong momen mudik lebaran yang sudah dekat, Suzuki Indonesia berharap perjalanan para pemudik lancar dan dapat memanfaatkan fitur-fitur pintar pada mobil Suzuki. Penggunaan fitur yang tepat guna bisa membantu kelancaran pengalaman mudik agar lebih mudah dan berkesan,” ungkapnya.

Baca Juga: Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid, Baleno Sampai Jimny Busung Dada Ketemu Jalan Licin, Semua Berkat Fitur Ini

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa