Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Ban Mobil Pecah Saat Mudik, Ahli Sarankan Pemilik Lihat Stiker Ini

Ferdian - Kamis, 11 April 2024 | 09:30 WIB
Ilustrasi ban pecah bisa bikin mobil terguling
Ilustrasi ban pecah bisa bikin mobil terguling

Otomotifnet.com - Pengecekan ban mobil jadi salah satu hal yang diperhatikan saat akan melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Meski sepele, hal tersebut bisa cegah ban pecah di perjalanan.

Karena amit-amit mengalami pecah ban, hal ini bisa mengancam keselamatan dan mengganggu perjalanan.

Untuk mengecek, pada bagian pintu pengemudi biasanya tertera stiker yang memperlihatkan tekanan udara yang sesuai bobot kendaraan.

Saat mudik, biasanya mobil akan diisi dengan banyak penumpang dan barang.

Dampaknya, bobot kendaraan jadi lebih berat dan tekanan udara ban harus lebih tinggi daripada saat mobil cuma diisi satu atau dua orang.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, tekanan udara ban pada stiker sudah disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan, maka bisa dijadikan acuan yang tepat.

“Kalau masih sesuai berat yang direkomendasikan pabrikan mobil, tetap pakai data yang ada di stiker,” kata Zulpata dikutip dari Kompas.com belum lama ini.

Saran dari pabrikan ban mobil, jika nantinya akan melewati jalan tol, tekanan udara bisa ditambah sedikit untuk menghindari ban pecah saat dipacu di jalan bebas hambatan.

“Dari pabrikan ban menyarankan tambah 2 psi sampai 3 psi, apabila masuk ke jalan tol. Harapannya tidak banyak defleksi pada dinding samping ban,” kata Zulpata.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa