Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wajib Tahu, Ini 3 Tips Pengecekan Ban Sebelum Perjalanan Jauh

Rendy Surya - Jumat, 5 April 2024 | 16:45 WIB
Bridgestone kasih tips pengecekan kondisi ban sebelum perjalanan mudik
Bridgestone
Bridgestone kasih tips pengecekan kondisi ban sebelum perjalanan mudik

Otomotifnet.com – Wajib hukumnya melakukan pengecekan kondisi ban kendaraan kita sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran ke luar kota.

“Ban adalah satu-satunya bagian dari kendaraan yang menyentuh permukaan jalan, sehingga kontrol utama saat berkendara pada dasarnya ada pada ban,” buka Fisa Rizqiano, Deputy Head Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia dalam rilis resmi Bridgetone.

Bridgestone pun kasih beberapa langkah simpel namun penting dalam pengecekan kondisi ban.

Yang pertama, periksa atau cek tekanan angin ban. Mengemudi dengan tekanan angin yang tidak tepat pada ban, baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah, sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi pengendalian (handling) serta daya cengkram (grip) kendaraan.

Tabel tekanan angin ban ada di bagian pintu pengemudi
Bridgestone
Tabel tekanan angin ban ada di bagian pintu pengemudi

Selain itu, ban dengan tekanan yang tidak sesuai dapat mengakibatkan berkurangnya kenyamanan berkendara, membuat akselerasi terasa lebih lambat, mengurangi efisiensi bahan bakar, serta mempercepat kerusakan pada ban akibat keausan yang tidak merata.

"Waktu terbaik untuk memeriksa tekanan ban adalah saat ban dalam keadaan dingin yang idealnya tercapai saat kendaraan berada dalam kondisi berhenti selama kurang lebih tiga jam," terang Fisa.

Perlu dicatat bahwa tekanan yang berada pada sumbu yang sejajar harus sama, sementara tekanan pada ban depan dan belakang dapat saja berbeda.

Informasi tekanan ban ideal dapat dilihat pada lis pintu supir bagian atau pada buku owner’s manual kendaraan.

Yang kedua adalah periksa kondisi fisik ban.  Layak atau tidaknya kondisi ban sebenarnya dapat diketahui dengan pengamatan visual sederhana tanpa memerlukan bantuan alat khusus.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa