Toyota Hadirkan Pesaing Honda HR-V Tahun Depan!

Rabu, 13 Mei 2015 | 15:04 WIB


Jakarta - Kabar gembira bagi maniak merek Toyota. Mereka yang cuma bisa iri dengan hadirnya Honda HR-V, kini bakal mendapat lawan yang sepadan. Toyota mengumumkan akan menghadirkan SUV kompak terbarunya tahun depan.

Menurut laporan CarSensor (13/5), SUV kompak Toyota ini akan terinspirasi oleh konsep Toyota C-HR. Toyota bekerja pada SUV kompak yang akan siap diluncurkan pada bulan Maret 2016. 

Sebuah konsep pratinjau desain crossover ini dipamerkan di Paris Motor Show 2014 dengan sosok konsep Toyota C-HR, dan untuk memprediksi sosok versi produksinya nanti, sebuah rendering sedikit banyak bisa memberikan gambarannya.

Kalau versi konsep Toyota C-HR punya bodi yang bernuansa serba membulat namun futuristik, maka versi produksi dibuat lebih realistis dengan desain bergaya crossover tajam yang didominasi lekuk dan sudut. 

Wajahnya dibuat agresif dengan penempatan lampu sipit, grill khas mobil-mobil Toyota saat ini, serta desain LED Daytime Running Light segaris vertikal menambah kesan dramatis pada desain wajahnya. 

Agresifitas ditunjukkan pula dibelakang, berupa potongan bodi yang aerodinamis dengan aksen kaca belakang menyamping, lampu rem tajam, dan spoiler atap minimalis yang terlihat keren. Layaknya Honda HR-V, crossover Toyota ini juga 'menyembunyikan' gagang pintu belakang.

Soal mesin, untuk pasar Eropa crossover Toyota ini akan dibekali mesin berkapasitas 1.2 liter tapi dengan sokongan turbo. Tenaga tersalur melalui transmisi 6 speed manual dan otomatis CVT. Disediakan sistem penggerak dua roda depan (FWD) dan empat roda 4WD.

Belum diketahui apakah ada pilihan mesin lain untuk pasar global, termasuk Indonesia. Tapi mengingat lawannya seperti Honda HR-V, bukan tidak mungkin crossover Toyota ini akan dibekali mesin 1.5 liter yang jadi unggulan Toyota di Indonesia. Sedangkan mesin 1.8 liter untuk menyaingi Honda HR-V Prestige, Toyota juga sudah punya seperti pada Toyota Altis. (otomotifnet.com)