Jeep Wrangler JK Rubicon 2009, Mainan Pelepas Penat

billy - Rabu, 17 Juli 2013 | 08:04 WIB

(billy - )


Supaya tak terlalu menyulitkan, dipersiapkan mainan tangguh untuk berada di lingkungan asli Jeep. Jalur off-road menjadi lokasi yang cocok untuk mengetahui kemampuan Jeep Wrangler JK Rubicon keluaran 2009.

Supaya semakin semangat dan melepaskan penat kerjaan, Mr. A, sebut saja demikian, menurunkan mobilnya di ajang West Java Adventure Off-Road (WJAOR) 2013 lalu. Beragam komponen terpasang supaya jip yang tergabung dalam Team Mopar Indonesia ini bisa lolos dan melewati semua rintangan.

"Tanpa recovery kit yang andal dan persiapan matang, pasti akan kesulitan melewati rintangan di trek," cerita pria ramah tersebut.

Mengetahui berbagai kendala yang akan dilalui, membuat dirinya bersama tim lebih bersiap. Winch Warn M8274 dipilih. Namun sling baja telah berganti tali plasma. "Lebih kuat dan enteng. Jadi beban kerja navigator ketika narik bisa sedikit dikurangi," jelasnya.

Suspensi yang mumpuni juga menjadi kunci melewati jalur off-road. Di setiap roda terpasang sokbreker keluaran Fox Racing. Menurutnya, bantingan dari Fox tersebut jauh lebih baik dibanding standarnya. Bukan hanya di off-road tapi juga on-road.

Pemilihan sokbreker ini cukup unik. Awalnya, tidak ada niat menggunakan merek tersebut. Namun karena ingin mencoba dari sokbreker off-road yang lazim terpasang, akhirnya Fox yang dipilih. "Hasilnya diluar perkiraan. Performanya sangat baik dibanding yang pernah terpasang," tambah TB Adhi, rekan pemilik mobil.

Selain meningkatkan performa komponen, Mr.A juga cukup melindungi mobilnya. Bukan dengan asuransi, tapi oleh komponen terpasang.

Namanya berjalan di kontur off-road, jelas tak bisa diprediksi kondisi trek yang ada di kolong mobil. Tanah keras, lembek, bahkan batu yang ‘terselimuti' lumpur kerap ditemui. Menjaga supaya komponen kolong tetap aman meski terbentur, dipasang dek slider keluaran ARB. Selain mengamankan dari benturan, adanya dek ini juga mengurangi tanah menempel pada komponen seperti gearbox, transfer case atau lainnya.

Berada pada lingkungan aslinya, memberikan bukti kalau JK Rubicon tersebut tak hanya andal berada di on-road saja, namun off-road. Hal ini juga untuk menepis cibiran orang, kalau mobil tersebut hanya ‘off-road look' saja. Maklum, sebagai mobil off-road sejati, bisa dibilang terlalu kinclong dan manis. (mobil.otomotifnet.com)



Data Spesifikasi

Mesin: Standar 3.8 L V6
Winch: Warn M8274, plasma rope
Sokbreker: Fox racing
Per: Teraflex
Jerrycan: 15 liter
Pelek: Mopar Hutchincon 17inci