Bedah Audio Grand New Toyota Fortuner

billy - Sabtu, 10 September 2011 | 14:08 WIB

(billy - )

 
JAKARTA - Pengetesan kualitas tata suara di kabin Grand New Toyota Fortuner, diawali dengan melakukan uji kesenyapan kabin. Kondisi level ambient noise di luar mobil saat pameran IIMS, menghasilkan angka kebisingan sebesar 87,5 dB. Sementara saat pengukuran di dalam kabin yang tertutup rapat, noise interior sebesar 70,5 dB.

Pengujian kualitas suara dengan menggunakan CD IASCA trek 39, menghasilkan reproduksi suara standar yang sangat baik. Kondisi ini terasa mulai frekuensi tinggi, menengah hingga rendah.

Suara bass pada Grand New Fortuner juga memiliki kemampuan yang spesial. Ditambah pula dengan efek keterpaduan suara (koherensi) yang bagus, antara speaker midbass dengan tweeter. Sehingga menghasilkan efek staging sound yang cukup baik di atas dasbor.

Berdasarkan hasil diagnosa menggunakan RTA, respon frekuensi suara cukup baik mulai level menengah sampai tinggi. Memang terjadi penyimpangan pada beberapa frekuensi, seperti di 160 Hz dan 400 Hz namun tidak begitu signifikan.   (mobil.otomotifnet.com)

REKOMENDASI :
Untuk memperbaiki penyimpangan yang terjadi di frekuensi 160 Hz dan 400 Hz, cukup mensetting ulang bass ke level +1.

HASIL PENGETESAN
Kemampuan mereduksi kebisingan : 17 dB

Keseimbangan nada : 8-9 (sangat baik)

Score frekuensi respon (Max 30) : 24