Mau Perbaiki Bodi Mobil Mesti Antri? Kenali Trik Menghindari Antrian

Rabu, 1 Oktober 2014 | 17:38 WIB





Berkendara di Jabodetabek, tidak sedikit kendaraan yang mengalami cacat bodi. Alhasil, terjadi antrean panjang. Bagaimana solusinya?

Memang diakui kalau jumlah bengkel resmi dan umum yang ada di Jabodetabek tidak bisa memenuhi kebutuhan antrean kendaraan yang akan menjadi pasien. Alhasil, biasanya, tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan kinerja bengkel body repair and paint lantaran populasi kendaraan yang tidak tertangani.

BOOKING SERVICE

Ternyata istilah booking service bukan saja diperuntukkan bagi kendaraan yang akan tune-up mesin saja, tapi urusan perbaikan bodi dan pengecatan juga bisa. Seperti yang diutarakan oleh Brantas Manunggal Wibowo selaku kepala bengkel Auto2000 Body & Paint di kawasan Jl. Diponegoro, Bekasi Timur, bahwa booking service menjadi jawaban menghadapi antrean panjang.

"Dengan adanya booking service maka calon konsumen bisa mendapatkan jadwal yang ditentukan oleh pihak bengkel," jelasnya.


Perhatikan kepadatan kendaraan di bengkel bila perlu lakukan booking service

Tambah Brantas lagi, adanya layanan booking service, bukan saja waktu yang bisa diatur. "Pengaturan stall dan jumlah mekanik juga bisa diatur," bilangnya.

Lanjutnya, untuk menghadapi lamanya waktu perbaikan dan pengecatan, konsumen juga bisa mendapatkan waktu lebih cepat dari biasanya. "Ada program pengerjaan selesai dalam waktu delapan jam dengan ketentuan harus tiga titik panel," ungkap pria yang terkenal ramah terhadap jurnalis ini. Namun, masih menurutnya, agar proses bisa lebih lancar maka konsumen kudu lakukan booking service terlebih dahulu.


Sudah banyak bengkel umum yang berkualitas dari sisi waktu

Sementara itu Rizky F Kiki, juragan Garasi64, gerai body repair & paint di kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat, juga memiliki pendapat sendiri.

"Masyarakat bisa melihat kepadatan dari bengkel terkait, bila ternyata penuh maka bisa beralih ke bengkel lainnya," jelas Kiki. Maksud pemilik Honda Freed ini, konsumen juga jangan terlalu memaksakan pekerjaan di bengkel cepat selesai lantaran hasil bisa kurang memuaskan.

"Hal yang paling utama adalah minta kepastian dari kepala bengkel perihal lamanya waktu pengerjaan agar tidak terlalu meleset," jelasnya.


Mengejar kerjaan agar lebih cepat bisa berpengaruh pada kualitas

Pun demikian, bukan saja urusan antrean yang biasa menjadi kendala. Pasalnya, lantaran enggan menghadapi antrean panjang, banyak konsumen yang rela melepaskan kendaraan pada bengkel-bengkel yang belum tentu memiliki reputasi baik. Alhasil, banyak juga keluhan terjadi akibat ulah bengkel perbaikan bodi dan cat yang nakal. Untuk bengkel body repair & paint sekelas bengkel resmi seperti Auto2000 maupun Honda, tentu saja nama besar bisa menjadi jaminan. Lalu bagaimana dengan bengkel umum?


 
Pengecatan hanya panel tertentu akan lebih cepat

Nah, Richard dari gerai The Niners di kawasan Bintaro Jaya Sektor IX, Tangerang Selatan, punya cara jitu. "Silakan minta rekomendasi dari kerabat terdekat soal kualitas kerja dari bengkel terkait," bilang Richard. Katanya lagi, bahwa rujukan dari mulut ke mulut akan lebih efektif daripada sebuah iklan.•(mobil.otomotifnet.com)