Bersihkan Noda di Dasbor, Belang Dikit Bisa Hilang

billy - Senin, 5 Agustus 2013 | 07:04 WIB

(billy - )


Bagi sebagian orang, menghias atau mengharumkan kabin mobil kesayangan dianggap indah dan perlu. Misalnya menempatkan aksesori atau pengharum kabin model tempel/gantung di dabor.

Namun, terkadang tindakan tersebut bisa mengundang masalah lo. Seperti yang dialami Puthut pada Daihatsu Xenia Xi A/T 2010 miliknya. “Dasbor pernah ketetesan parfum mobil yang saya gantung di spion dalam. Tepatnya di bagian konsol tengah. Sampai lapisan konsol yang bermotif kayu terkelupas,” tutur warga Jakarta ini.

Berbeda dengan Andi, warga Depok, Jabar pada Toyota Rush yang baru ditebus setahun lalu. Karena pernah menempatkan aksesori tempel di dasbornya. Ketika dicabut, eh, bekas perekatnya malah meninggalkan tanda alias noda.

Masalah ini juga cukup ramai dibicarakan di beberapa forum klub mobil di dunia maya. Dan hingga kini belum ada solusi yang pas untuk masalah tersebut. Malah ada yang menganjurkan untuk mengampelas bagian dasbor yang rusak terkena tumpahan parfum tadi, lalu dasbor dicat ulang. Atau sekalian dilapis kulit.

Soalnya parfum mobil umumnya kan mengandung zat kimia. Yang kalau lama terkena bahan plastik dasbor, ditambah hawa panas di dalam kabin saat mobil di parkir, lama-lama akan merusak plastik itu. Minimal membuat dasbor jadi belang.

Tapi kalau hanya noda biasa yang tidak sampai merusak bahan plastik dasbor, masih bisa dibersihkan kok. “Apalagi kalau itu cuma berkas lem perekat yang kerap digunakan untuk menepatkan wadah parfum atau aksesori di dasbor,” tukas Almus dari Wealthy, produsen produk car care yang beralamat di Meruya Jakbar.

Untuk menghilangkan noda yang tidak membandel, Almus menyarankan untuk menggunakan cairan pembersih interior. “Baru kemudian jika ingin warna dasbor terlihat fresh, gunakan pembersih yang water base,” sarannya. Ah masak sih?

Nah, untuk membuktikannya kita langsung coba aja yuk! Kebetulan ada nih mobil awak redaksi yang pernah mengaplikasi aksesori tempel di dasbornya (gbr.1). Ketika dilepas, bekas perekatnya masih membekas dan sulit dibersihkan pakai air biasa maupun air sabun.

Untuk interior cleaner dan silicone spray-nya, kami coba ambil salah satu produk yang ada di pasaran, yakni Wealthy yang dilego sekitar Rp 125 ribu dan Rp 120 ribu (gbr.2).

Mula-mula bagian yang terkena noda bekas perekat disemprot pakai cairan interior cleaner terlebih dulu. Oh iya, biar didapat hasil semprotan yang menyebar, atur jarak semprotan sekitar 20-30 cm (gbr.3).

Setelah itu, diamkan beberapa saat agar cairan tersebut bereaksi melunakkan bekas perekat yang ogah hilang. Kira-kira 2-3 menit deh. Usai itu, seka pakai kain micro fiber (gbr.4). Jika noda kurang hilang dengan sempurna, boleh ulangi langkah tadi sekali lagi.

Benar saja loh sob, tuh terbukti langsung hilang noda perekat tadi. Nah, biar dasbor tampak kinclong kembali, bisa kita lanjutkan dengan menyemprot pembersih dasbor yang punya bahan dasar water base. Habis itu diseka lagi pakai micro fiber.

Selamat mencoba ya!. (mobil.otomotifnet.com)