Optimalisasi Audio Honda Brio, Setting Lebih Gampang

billy - Senin, 29 Oktober 2012 | 12:02 WIB

(billy - )


Hal penting yang tidak boleh terlewatkan ketika pertama kali membesut mobil baru, yaitu mengetahui karakter sound system standarnya. Sebab, penunjang in car entertainment dari pabrikan, belum dilakukan setting optimal agar mampu mereproduksi nada lagu dengan merdu.

Seperti pada Honda Brio, yang kali ini dioptimalisasi oleh dua orang instalatur car audio. Diawali dengan melihat semua fitur yang tersedia pada head unit (HU) JVC KW-R500, bawaan city hatchback ini.

Menurut rekomendasi Bari Setiadi dari Baze Audio, fitur bawaan HU Brio tergolong komplet buat mengakomodir kebutuhan gadget freak. Seperti sudah dilengkapi konektor iPod, serta slot USB yang memudahkan memutar beragam file lagu dari MP3 player atau flash disc.

Untuk setting audionya, fitur equalizer (EQ) melengkapi opsi untuk pengaturan nada bass, mid dan treble. Berdasarkan sesi pengetesan yang dilakukan Hong dari Prisma Autosound, setelan paling ideal dapat menerapkan adjustment seperti berikut ini.

Untuk pengaturan bass, paling ideal disetel pada 100 Hz, level -04 dan Q 1,25. Pada bagian mid pengaturan ulang bisa memposisikan frekuensi respon pada Mid 1,5 kHz, level -02 serta Q 1,25. Sedangkan buat setelan suara tinggi, treble di 10.0 kHz, level -01 dan Q Fix.

Secara keseluruhan, Bari maupun Hong mengakui cukup terkesan dengan sound bawaan Brio. Menurut Bari, memang masih terdengar distorsi saat volume suara dinaikkan, namun layar display yang cukup lebar dianggapnya mudah terbaca. "Untuk ukuran mobil tanpa tweeter sudah bagus, ditunjukkan dari grafik high level pada RTA yang terlihat terisi semuanya, meski di frekuensi 12,5-20 kHz mulai jatuh dan ini masih di ambang normal," jelas Hong.

Artinya untuk men-setting audio Brio memang lebih gampang, cukup menyesuaikan dengan selera musik yang sering Anda dengar selama di perjalanan. (mobil.otomotifnet.com)