Mengenal Istilah Dasar Audio

Editor - Kamis, 12 Agustus 2010 | 14:12 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Pada In Car Entertainment kendaraan, lazim ditemui head unit, speaker, power amplifier, dan monitor. Enggak ada salahnya, bagi pemula, untuk mengetahui dasar istilah komponen-komponen tersebut. Secara umum head unit adalah suatu alat untuk proses semua perintah atau data yang berhubungan dengan audio dan visual. Biasanya produk bermerek turut menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Sebut saja Pioneer, Sony, Clarion, dan Alpine.

Sementara itu, speaker adalah peranti yang mengeluarkan data berupa suara ataupun lantunan lagu dari head unit. Speaker itu sendiri meliputi magnet, gulungan atau lilitan kawat berdiameter sangat kecil, dan membran. Speaker modelnya ada yang terpisah (split) yang biasanya komponen tweeter (Penghasil nada frekuensi tinggi) diletakan di atas dasbor. Lalu ada juga model speaker yang sudah disatukan dalam satu wadah (coaxial).

Komponen lainnya adalah power amplifier yang berfungsi sebagai penguat keluaran suara head unit. Lalu monitor sebagai penampil sinyal visual. Monitor khusus mobil umumnya dari LCD dengan ukuran antara 4 hingga 17 inchi. Ada yang model indash (dalam ruang standar head unit), ondash (di atas dashboard), headrest monitor (di tempatkan di headrest kursi mobil ), dan plafon monitor (ditaruh di langit-langit mobil).

Penulis/Foto: H4D1 / H4D1