Maksimalkan Audio Bawaan Mobil Pakai Prosesor JBL MS-8

Editor - Senin, 17 Mei 2010 | 06:09 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Satu hal yang selalu jadi pertanyaan di kalangan awam, apakah sistem tata suara kabin bawaan asli mobil bisa dibikin sebagus settingan buat kontes? Jawabannya bisa. Hal ini dibuktikan langsung OTOMOTIF pakai JBL MS-8, produk terbaru lansiran Harman International Industries, Inc. ini.

SOUND QUALITY

Prosesor canggih yang sudah dilengkapi dengan pre-amp, LCD pengontrol, remote control nirkabel, mikrofon binatural serta CD instalasi, bisa langsung digunakan untuk upgrade tata suara meski masih andalkan head unit dan speaker bawaan mobil.

Uji coba kali ini diterapkan di kabin Toyota Fortuner. Pertimbangannya, kabin SUV ini tergolong lapang, dengan dimensi dasbor relatif sempit buat menciptakan efek surround optimal.

Secara teknis, MS-8 memiliki 8 input untuk speaker termasuk buat iPod. Manfaat tambahan dari prosesor ini, tidak adanya efek noise lantaran seluruh kanal diback-up secara digital dan telah terprogram dalam chip di dalamnya.

Instalasi cukup dengan menghubung­kan seluruh input dari head unit, ke kanal Hi Level Input pada prosesor di bagian penampang atasnya. Kemudian konektor speaker output di sebelah bawah prosesor, untuk menyalurkan frekuensi ke seluruh speaker standar mobil.


Opsi reset to default memungkinkan Anda buat mengembalikan settingan seperti kondisi standar

Logic 7 mampu mendongkrak suara jadi terdengar lebih megah

Posisi penempatan tak makan banyak tempat

Delapan kanal buat sinyal output ke seluruh speaker

Setelah proses instalasi selesai, settingan akan diatur secara otomatis oleh prosesor pintar ini. Dua sinyal input secara otomatis akan digabungkan dalam satu kanal dengan settingan flat. Kemudian sinyal diproses dengan teknologi Logic7 (L7), yang menghasilkan sinyal satu arah menuju pusat saluran. Hal ini memungkinkan suara bisa imbang, antara speaker depan-belakang.

L7 bekerja akan bekerja optimal di kabin mobil, sehingga suara yang dihasilkan jauh lebih baik ketimbang format manual. Hal ini terjadi lantaran proses pengkodean di setiap 2 kanal secara otomatis. Hasilnya, efek surround sound lebih terdengar jelas, saat memutar keping DVD.


Sinyal RCA langsung dikonversi secara otomatis melalui Hi Level Input

Saat sesi tes dengar dilakukan, fitur Audio Controls bisa langsung dijajal melalui LCD mungil yang sudah tersedia dalam paket. Seperti Tone Control buat mengatur setelan bass-treble, Graphic EQ untuk menyetel level equalizer sesuai selera.

Kemudian ada opsi Logic7 untuk memainkan DVD, agar menghasilkan efek surround lebih optimal. Caranya cukup mengaturnya melalui remote control yang tersedia, lalu pilih opsi ON. Hasilnya suara terdengar lebih megah, lantaran sistem dts (digital surround) 7.1 sudah diaktifkan.

Untuk menghasilkan sound imaging, menurut Asun dari PT Berkat Anugrah Perkasa Jaya (BAPJ) selaku ATPM JBL MS-8, Anda tak perlu repot setting time correction secara manual. "Sebab fitur time correction-nya sudah otomatis terprogram dan enggak perlu diadjust manual," jelas pria yang berkantor di Jl. AM. Sangaji 38, Jakpus ini.

Kesimpulannya, perangkat tambahan dengan harga sekitar Rp 8 jutaan ini, memungkinkan audio standar di kabin mobil Anda terdengar layaknya settingan ala sound quality mobil kontes audio.

PT BAPJ 021-70340961

Penulis/Foto: Anton / Anton, Dok.Otomotif