Suzuki R3 Siap Meluncur di India Tahun Depan

Editor - Selasa, 28 September 2010 | 14:58 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET – Kabar baik bagi pecinta mobil 7 penumpang, hadir dari produsen dan distributor mobil Suzuki di India, Maruti Suzuki. Sebab, pabrikan ini siap memproduksi dan menjual MPV Suzuki R3 Concept yang telah lebih dulu dikenal sebagai mobil konsep pada tahun 2011 mendatang, di India.

Suzuki R3 Concept juga telah dikenal luas oleh pecinta otomotif Indonesia, karena sempat menjadi icon Suzuki di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 pada bulan Juli lalu. Desainnya yang atraktif terbukti membuat para pengunjung pameran penasaran akan MPV tersebut.

Namun, tentunya desain Suzuki R3 concept tidak 100 persen diwujudkan untuk versi produksi masal nya. Seperti penggunaan suicide door dan kamera pengganti kamera spion, tentu akan diganti versi pilar dengan alasan keamanan dan spion diubah konvensional untuk menekan biaya produksi. Meski begitu, unsur kelegaan kabin menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh R3. 

Untuk mesin, nantinya R3 akan dibekali mesin K-Series yang menjadi kebanggaan Suzuki. Mesin empat silinder DOHC memiliki kapasitas 1200 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 85 dk pada 6000 RPM. Dapur pacu ini juga telah diterapkan pada city car, Splash.    

Di India sendiri R3 akan di produksi di engineering center Maruti Suzuki yang terletak di Rohtak. Dan, diperkirakan R3 akan dijual dengan harga sekitar Rp 130-175 juta.

Hmm, kalau masuk Indonesia bisa jadi pesaing Xenia-Avanza nih.

Penulis/ Foto: Ilham