Yuk, Cermati Spesifikasi Honda RC213V Andalan Marquez dan Pedrosa

Selasa, 18 Maret 2014 | 15:11 WIB



Labelnya masih Honda RC213V, seperti tahun lalu. Tapi tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa sesungguhnya benar-benar baru. Pengertian baru di sini, RC213V menggunakan mesin, sasis dan semua pendukungnya baru. Pemicunya, regulasi pembatasan bahan bakar yang hanya 20 liter dari 21 liter di tahun lalu. "Mesin RC213V di musim balap 2014 ini sudah aplikatif dengan regulasi pembatasan bahan bakar. Rider butuh solusi terhadap pemakaian bahan bakar maksimal 20 liter dan kita langsung mencarikan solusinya," jelas Takeo Yokoyama, project leader pengembangan mesin RC213V versi 2014.

Insinyur Honda Racing Corporation (HRC) juga membangun RC213V untuk musim ini sesuai konsep yang menggabungkan stabilitas, kelincahan, ketahanan dan kemampuan menikung maksimal.

Secara detail, RC213V masih mengadopsi mesin model V 900 dengan 4 silinder. Hasil riset terbaru menghasilkan mesin baru yang lebih minim gesekan dan ringan.

Sasis yang juga baru, merupakan hasil modifikasi yang membuatnya lebih kaku namun seimbang. Rumusan modifikasi tersebut, membuat stabilitas RC213V jadi lebih tinggi dan menjadikan rider percaya diri melahap tikungan.

Sasis twin spar aluminium lebih ringan namun tetap seimbang untuk mentransfer tenaga lebih dari 230 dk ke ban belakang. Dengan cukup hati-hati, rancangan dibuat bisa menambah daya cengkram ban belakang.

"Setelah melakukan pengetesan, memang ada hasil negatif dan positif terhadap racikan sasis anyar RC213V. Kami melakukan modifikasi agar dapat lebih stabil saat melakukan pengereman. Awalnya enggak mudah dilakukan. Belum sesuai harapan, namun sedikit modifikasi itu sudah cukup dari sebelumnya," kata Marquez.

Di bagian suspensi, baik Marques maupun Pedrosa masing-masing memiliki teknisi sendiri. Beda orang, namun suspensi depan belakang tetap sama, Ohlins. Bagian penting lain RC213V adalah fairing. Bahan karbon fiber yang lebih ringan dan lebih aerodinamis. Desain moncong baru untuk meningkatkan akselerasi dan top speed. Lalu karbon untuk cakram depan dari Brembo bisa meredam panas sampai 400 derajat Celcius. Tapi saat wet race, diganti cakram bikinan Yutaka, depan dan belakang. Apa yang diperbuat insinyur HRC berbuah positif bagi Marquez dengan catatan waktu di bawah 2 menit saat test pertama di Sepang, Malaysia. • oct