Kimi Dihadapkan Pada 4 Pilihan Karir Balap

billy - Sabtu, 5 November 2011 | 07:05 WIB

(billy - )

Kimi Raikkonen adalah pembalap yang saat ini mempunyai pilihan karir balap paling banyak. Mulai World Rally Championship (WRC), Formula 1, NASCAR Truck, hingga ajang balap ketahanan Le Mans. Semua ajang balap tersebut mempunyai daya tarik masing-masing. Jika Kimi pandai melihat situasi, bisa menjadi titik balik puncak kejayaan karir balapnya. Mari kita review 4 pilihan ajang balap diatas.

World Rally Championship :
Kiprah Kimi Raikkonen di ajang WRC, tidak bisa dibilang hanya sebagai pelengkap saja. Walaupun absen di 4 seri musim 2011, tapi Kimi masih menempati urutan 10 di klasemen perelli. Bahkan beberapa seri ia mampu meraih posisi finish keenam. Pilihan untuk terus berkiprah di WRC musim 2012 rasanya sangat memungkinkan.

Sayang, Kimi harus menanggung sendiri sisi finansial, karena belum ada sponsor besar yang menyambangi perelli asal Finlandia itu. Alasan lain yang bisa membuat Kimi bertahan di WRC adalah sejarah keberhasilan perelli asal Finlandia cukup besar di WRC.

Formula 1 :
Kimi Raikkonen awal tahun 2011 lalu pernah mengungkapkan penolakan kepada tim Renault GP. Ia juga pernah mengatakan hanya ingin kembali ke ajang balap Formula 1, jika mendapat tawaran dari tim terbaik. Tapi rumor tentang pinangan tim Williams diterima Kimi, menjadi cerita lain. Bukan tidak mungkin rumor tersebut bisa jadi kenyataan musim 2012 mendatang.

NASCAR :
Pertengahan tahun 2011 lalu, Kimi Raikkonen memutuskan mencoba peruntungan di ajang balap NASCAR. Kendati hanya ikut satu seri, namun ia merasakan kekeluargaan di ajang balap kebanggaan masyarakat Amerika itu cukup besar. Makanya ajang NASCAR salah satu pilihan masuk akal bagi Kimi.

Balap Ketahanan Le Mans :
Melanjutkan pencarian ajang balap baru sesuai dengan keinginannya, baru-baru ini Kimi juga melakukan tes mobil Peugeot Ultra Fast di Spanyol. Tes tersebut dilakukan bersama pembalap tim pabrikan Peugeot dari ajang Le Mans Endurance Series. Walaupun rumornya tidak terdengar, tapi siapa yang bisa menolak tawaran membalap di ajang Le Mans Series?

Apapun pilihan Kimi nanti, jelas ia memiliki target jelas untuk mengembalikan masa kejayaannya seperti saat meraih titel juara dunia Formula 1 tahun 2007 lalu. (otosport.co.id)