Sentuhan Kecil Bikin Audio Standar Toyota Rush Lebih Merdu

billy - Selasa, 16 November 2010 | 14:53 WIB

(billy - )

OTOMOTIFNET - Yuk kebet cara memaksimalkan audio standar  Toyota Rush. Secara keseluruhan sistematis serta desain head unit dan speaker pada Toyota New Rush, serupa dengan bawaan saudara kembarnya, Daihatsu New Terios. Itu artinya, kualitas suara juga senada antara keduanya.

Kali ini pengetesan dilakukan pada New Rush, dengan asumsi bisa mewakili karakter sound dari saudara kembarnya tadi. Seperti frekuensi high pass yang terlampau berlebihan, ketika masih dalam kondisi standar semuanya.


.
.

Grafik frekuensi pada RTA menunjukan gejala over di level High Pass

Menurut Ahong, frekuensi nada rendah tercipta mulai 63-400 Hz, sementara high (treble) dimainkan sejak 4-16 kHz. Kondisi ini lah yang membuat efek over high pass terlalu ekstrem.

Alhasil untuk menjadikan suara lebih ideal di telinga, level bass dipatok di level -2 termasuk treble. "Kalau bass dibikin nol (0) memang efek entakan bass lebih jelas terdengar, tapi kalau buat didengar dalam waktu lama terlalu over sehingga bikin capek kuping," jelas Ahong.

Sama halnya dengan treble. Kalau diposisikan di nol (0), suara bising dari efek high lebih kentara. Terlebih jika kondisi sekitar terlampau berisik, bisa bikin kuping perih kalau mendengar dalam waktu cukup lama. Jadi mesti ideal semuanya supaya gendang pendengaran kuping Anda tetap terjaga.