Tim Satelit Bukan Solusi Masa Depan Rossi

Bagja - Rabu, 25 April 2012 | 19:41 WIB

(Bagja - )


Kondisi yang tidak memungkinkan bagi Valentino Rossi untuk kembali ke tim pabrikan Honda dan Yamaha, membuka wacana lain tentang kesempatan pembalap legenda itu pindah ke tim satelit seperti Yamaha Tech3 dan Honda Gresini. Namun sejauh ini tim yang paling sering disebut-sebut bakal tempat pelarian Valentino Rossi untuk musim 2013 mendatang adalah tim Honda Gresini.

Beberapa waktu lalu, otosport.co.id juga sempat melakukan obrolan dengan salah satu sumber terpercaya, bahwa ia mengetahui kemana Rossi akan menjejakkan kakinya musim 2013 mendatang. “Sekarang ini gonjang-ganjing kondisi Valentino Rossi di Ducati memang sangat besar. Tapi saya tahu kemana Rossi akan menjatuhkan pilihannya untuk musim depan,” ungkap pria ramah itu sembari tersenyum.

Meski mungkin hanya obrolan, namun dugaan Rossi bakal memperkuat tim Honda Gresini, langsung menguat. Apalagi tim Honda Gresini adalah salah satu tim yang sangat nasionalis menjaga pembalap Italia di kubu mereka. Masalah penggunaan motor berspesifikasi pabrikan, bisa saja dilakukan, mengingat Rossi mampu membawa sponsor yang besar ke tim tersebut.

Tapi hal lain yang menggugurkan rumor ini adalah jika Rossi pindah ke tim Honda Gresini, dan ingin menggunakan motor berspesifikasi pabrikan, tentu akan melanggar regulasi. Meski regulasi MotoGP 2013 sendiri belum ditetapkan, namun regulasi penggunaan 2 motor berspesifikasi pabrikan dan 2 motor berspesifikasi tim satelit untuk 1 merek, bakal dilanggar.

Sementara sekarang ini Honda sudah memasok 2 motor pabrikan di tim utama dan 2 motor spesifikasi tim satelit, masing-masing 1 di Honda Gresini dan 1 untuk LCR Honda. Kalau kondisinya seperti ini, tentu akan kembali pada kesepakatan regulasi nantinya. Jadi rasanya tidak mungkin Rossi akan membalap dengan motor spesifikasi tim satelit, kendati pun itu bisa dilakukan. Kita tunggu saja nanti buktinya! (otosport.co.id)